AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Akhlaq — August 23, 2019 at 14:36

Sunnah yang Terlupakan: Menjilati Jari Sesudah Makan

by
Sunnah yang Terlupakan: Menjilati Jari Sesudah Makan

Menjilati jari setelah makan merupakan Sunnah nabi yang sudah jarang kita ketahui dan praktekkan

Islamkafah.com – setiap hari manusia memerlukan makan dan minum, setidaknya sehari 2 sampai 4 kali manusia memerlukan makan, namun sebagai ummat Islam kita perlu tahu bahwa makan ada adanya tersendiri dan ada hal yang jarang sekali kita perhatikan tentang Sunnah dalam makan.

Salah satu Sunnah yang jarang diketahui adalah tentang menjilati jari setelah makan, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam :

وَعَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا, فَلَا يَمْسَحْ يَدَهُ, حَتَّى يَلْعَقَهَا, أَوْ يُلْعِقَهَا )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu makan makanan, maka janganlah ia membasuh tangannya sebelum ia menjilatinya atau menjilatkannya pada orang lain.” Muttafaq Alaihi.

Sunnah ini jarang sekali kita ketahui dan adapun yang sudah mengetahui jarang mempraktekkannya.

Mari kita dawamkan hal yang kecil ini karena Allah lebih suka hamba yang mendawamkan suatu amalan walaupun itu kecil, seperti sabda Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam :

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” (HR. Muslim no. 783)

Semoga kita bisa istiqamah dalam mengamalkan amalan yang sederhana namun memiliki nilai pahala dan keberkahan dari Allah azza wa jalla. (Abd.N)

%d bloggers like this: