Internasional, NEWS — April 29, 2019 at 10:35

Srilanka Larang Penggunaan Cadar atau Niqab Bagi Muslimah

by
Srilanka Larang Penggunaan Cadar atau Niqab Bagi Muslimah

Srilanka larang penggunaan cadar bagi muslimah, peraturan ini dibuat pasca serangan bom paskah…

KOLOMBO, SRILANKA (ISLAMKAFAH.COM) – Pemerintah Sri Lanka melarang penggunaan cadar atau penutup wajah termasuk bagi wanita muslimah. Larangan ini sebagai respons dari serangan bom pada Minggu Paskah di Kolombo yang menewaskan lebih dari 250 orang.

Larangan tersebut disahkan oleh Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena dalam  undang-undang darurat karena dianggap mengganggu keamanan.

Kantor Maithripala Sirisena mengatakan pakaian atau barang apa pun yang menghalangi identifikasi wajah seseorang akan dilarang. Keputusan tersebut sebagai tindak lanjut rapat kabinet baru-baru ini tentang aturan busana penutup wajah seperti dilansir sindonews.com (28/4/19)

Larangan ini tidak memiliki toleransi terhadap muslimah yang ingin menggunakan cadar atau niqab sebagai ajaran agama Islam, tentunya hal ini akan membuat sulit dan termasuk kedalam diskriminasi terhadap perempuan muslimah.

Pemerintah sebelumnya mengatakan akan menunda keputusan itu sampai pembicaraan dengan ulama Islam dapat diadakan. Penundaan juga atas saran Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe.

Namun kenyataannya tanpa ada pembicaraan dengan perwakilan kaum muslimin undang-undang tersebut sudah disahkan oleh pemerintah. (Abd.N)

%d bloggers like this: