Ibadah, FIQIH — March 21, 2018 at 11:21

Setiap Anak Tergadai dengan Aqiqahnya, Apa Dalilnya?

by
Setiap Anak Tergadai dengan Aqiqahnya, Apa Dalilnya?

Mungkin ada sebagian yang bertanya akan dalil permasalahan ini…Islamkafah.com ­- Telah masyhur dikalangan kaum muslimin, bahwa ada ungkapan yang mengatakan bahwa setiap anak itu tergadai akan Aqiqahnya. Maka sebagian dari mereka ada yang percaya dan ada sebagian lain meragukan, dan seandaninya percaya apakah hal ini menunjukkan hukum wajib dalam Aqiqah?

Telah sampai sebuah hadits kepada kami yang mengatakan bahwa setiap anak adalah tergadai dengan Aqiqahnya. Yakni seperti dibawah ini:

   َوَعَنْ سَمُرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( كُلُّ غُلَامٍ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ, تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ, وَيُحْلَقُ, وَيُسَمَّى ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيّ

Dari Samurah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya; ia disembelih hari ketujuh (dari kelahirannya), dicukur, dan diberi nama.” Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadits shahih menurut Tirmidzi.

Akan tetapi, sebatas yang kami ketahui. Bahwa, Aqiqah tidaklah sampai menuju hukum wajib, karena hukum wajib jika ditinggalkan berarti pelakunya bermaksiat dan berdosa, sedangkan setiap orang pasti mempunyai tingkat ekonomi yang berbeda-beda. Maka dari itu, kami menyimpulkan bahwa hadits diatas menunjukkan Aqiqah adalah sunnah yang sangat ditekankan.

Wallahu A’lam. (raf) []