Ibadah, FIQIH — November 28, 2016 at 22:11

Puasa Lebih Hebat Daripada Diet Ala ‘OCD’

by
Puasa Lebih Hebat Daripada Diet Ala ‘OCD’

Puasa merupakan sebuah pembaharuan bagi sel-sel tubuh dan pembaharuan terhadap aktivitas tubuh. Hasilnya adalah pembaharuan kehidupan Anda secara komprehenshif, sayangnya sedikit sekali yang mengetahui manfaatnya dan merasakan manisnya puasa. Masalahnya orang muslim banyak meniru selebritis ketimbang mengikuti sunnah-sunnah RASUL nya sendiri. Buat puasa sunnah Senin-Kamis aja berat, tapi kenapa malah ritual biksu shaolin yang dituruti?…

 

Subhanallahu ternyata Islam begitu perfect! karena puasa mampu melakukan apa yang tidak mampu dilakukan diet ala OCD (Obsessive Corbuziers Diet) yang diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier rupanya banyak menyita perhatian banyak kalangan masyarakat, mulai dari orang biasa hingga artis. Diet (OCD) ini memiliki metode / prinsip diet yang berbeda dengan diet lainnya dan mengikuti cara diet para biksu shaolin. Yuk baca terus biar tau?

Wahai mukmin baik laki-laki dan wanita, ketahuilah bahwa puasa bukan sekedar ibadah. Namun ia merupakan sarana penyembuhan dan obat bagi berbagai penyakit.

Puasa merupakan sebuah pembaharuan bagi sel-sel tubuh dan pembaharuan terhadap aktivitas tubuh. Hasilnya adalah pembaharuan kehidupan Anda secara komprehenshif, sayangnya sedikit sekali yang mengetahui manfaatnya dan merasakan manisnya puasa.

Masalahnya orang muslim banyak meniru selebritis ketimbang mengikuti sunnah-sunnah RASUL nya sendiri. Buat puasa sunnah Senin-Kamis aja berat, tapi kenapa malah ritual biksu shaolin yang dituruti?

Dengan berpuasa sunnah tubuh lebih sehat dan mendapat pahala pula! Sebagaimana sabda Rasulullah “Berpuasalah kamu supaya sehat” (hadist hasan sahih)

Biar makin cinta ajaran Islam, berikut kami paparkan secara ringkas…

Rahasia Berpuasa Ala Islam Dibandingkan OCD

Rahasia dan manfaat bagi jiwa dan raga adalah sebagai berikut :

1) Sudut Pandang Kedokteran : Puasa senjata paling ampun mengobati racun

Para dokter menegaskan bahwa puasa merupakan satu-satunya sarana yang dapat menguatkan sel-sel tubuh agar bersih dari berbagai macam racun yang terakumulasi secara aman dan tanpa efek samping

2) Sudut Pandang Kedokteran : Puasa mampu mengobati penyakit jantung 

Ratusan riset ilmiah menghasilkan sebuah konklusi bahwa puasa dapat memperbaiki sistem kerja jantung dan mengobatinya dari berbagai macam penyakit dan gangguan yang terdapat pada jantung. Berbagai riset menegaskan bahwa puasa dapat memperkuat atau memperkokok dinding arteri dan sistem organ jantung

3) Puasa adalah sarana efektif untuk panjang umur

Puasa secara teratur dan dalam kurun waktu tertentu membantu usia kita lebih panjang dibandingkan yang tidak sama sekali, misalnya bagi seseorang yang berpuasa akan lebih sehat jantung dan paru-parunya daripada yang merokok dan mengkonsumsi minuman keras. Orang yang sehat tanpa narkoba, minuman keras dan merokok tentu membuat lebih sehat, aplagi jika ditambah berpuasa dengan mencari ridho Allah tentunya.

4) Pergunakan saat-saat puasa untuk menghapalkan AlQuran

Faktanya, puasa dapat membersihkan sel-sel otak dan mengaktifkan pusat ingatan serta meningkatkan energi tubuh! Subhanallahu…

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

5) Puasa waktu yang tepat untuk mengobati kecanduan rokok dan nikotin

Puasa dapat membersihkan sel-sel dari racun yang disebabkan aktivitas merokok, dengan berpuasa akan menghentikan asupan asap rokok yang beracun dan mengandung 1000 jenis racun, tetapi dengan syarat diiringi dengan doa yang tulus dan ikhlas kepada Allah agar berhenti dari ilusi asap rokok yang membuai. Apalagi dipertegas dan disematkan dalam hati serta otak kita bahwa rokok itu merusak diri sendiri, merusak orang lain sebagai perokok pasif disekitar kita dan tentunya yakinilah merokok haram hukumnya karena merusak manusia.

Anda akan terheran-heran karena kaum non muslim menggunakan puasa sebagai pengobatan untuk mengurangi kecanduan rokok dan narkoba.

6) Puasa paling efektif mengatasi Obesitas, lebih hebat dari Diet ala OCD

Para ilmuwan dari berbagai negara menyatakan bahwa puasa dapat mengatasi penyakit yang mendera manusia abad moderen yaitu obesitas atau kegemukan. Karena puasa dapat memberikan kontribusi besar dakan melarutkan lemak-lemak dalam tubuh, menghilangkan sel-sel hormonal, mengefektifkan kerja hormon agar menjadi tubuh ideal. Bahkan puasa merupakan sarana penyembuhan efektif yang murah, mudah dan gratis.

7) Sembuhkan Gangguan mental dengan Puasa

Berbagai penelitian terbaru menghasilkan sebuah laporan bahwa puasa berperan aktif dan efektif dalam mengobati depresi. Hal ini menjadi kabar buruk bagi produsen obat-obatan kimia dalam bentuk pil dan tablet. Obat-obatan kimia memiliki kelemahan dalam mengobati penyakit kejiawaan dan mental kronis. Subhanallahu, kita temukan bukti ilmiah bahwa puasa sangat berperan aktif dalam pengentasan penyakit kejiwaan, gangguan mental dan sejenisnya.

8) Puasa Meningkatkan Energi Otak

Puasa memiliki energi menyihir! Pernahkan anda rasakan potensi ilmu anda ketika berpuasa akan meningkat, itulah hikmah berpuasa yang dapat meningkatkan energi, mengaktifkan dan efektifitas sel-sel otak, meningkatkan program dan potensi untuk bekerja maupun berkreasi. Hal ini sangat baik dalam mengendalikan diri dan potensi kreativitas bahkan meningkatkan energi anda!

9) Puasa Memprogram ulang Sel-Sel Otak

Para peneliti menemukan hasil yang signifikan pada sistem kerja tubuh orang yang berpuasa, mencakup aspek psikologi dan fisiologi. Karena itulah ada keyakinan bahwa puasa dapat meningkatkan kerja sel-sel dan mengembalikan keseimbangannya. Luar biasa bukan?

10) Puasa Sembuhkan Penyakit Kanker

Puasa yang teratur dijalani akan membantu menekan sel-sel kanker, membantu menghilangkan tumpukan sel-sel kanker. Para ahli penyakit kanker menyatakan bahwa puasa yang dilakukan dalam kurun waktu yang panjang dapat meningkatkan intensitas tubuh dan potensinya yang selanjutnya dapat menurunkan kemungkinan menderita penyakit kanker

11) Penyembuhan Integral, Shalat, Khusyu’ dan Puasa

Penelitian ilmiah menegaskan bahwa shalat dapat menyembukan berbagai macam penyakit terutama penyakit bagian pinggang, tulang punggung dan persendian tulang. Sedangkan shalat yang khusyu’ dapat meningkatkan energi yang menakjubkan pada penyembuhan penyakit kritis dan kronis.

Karena apabila orang yang mampu memelihara shalat dan khusyu’ sementara ia sedang berpuasa maka dirinya telah berhasil menggapai berbagai macam sarana penyembuhan.

12) Puasa Sembuhkan Depresi

Dr. Yore Nikolav berkata bahwa dirinya berhasil mengatasi 7 ribuan jenis penyakit, seperti takut, cemas, gangguan mental dan depresi hanya dengan puasa. Padahal obat-obatan kimia justru tak mampu melakukan hal yang sama pada beragam jenis penyakit hanya dengan 1 metode, yaitu puasa! Puasa metode yang mudah untuk mengatasi tekanan hidup dan depresi yang berulang

13) Puasa, Pengobatan Hemat Tanpa Operasi

Dengan berpuasa kita menjadi lebih hemat. Karena puasa dapat mengobati tanpa operasi pembendahan yang tentunya berbiaya mahal, sedangkan puasa gratis, mudah dan tidak sakit. Puasa mengobati penyakit yang ada pada empedu, ginjal, juga mengobati penyakit kronis seperti hati dan mengembalikannya agar tetap aktif dan hidup. Puasa berperan mengatasi operasi yang sulit dan gagal pada tindakan pengobatan operasi.

14) Puasa Obati Sakit Punggung, Sendi dan Ujung Jari

Ternyata puasa dapat juga mengobati sakit pada tulang punggung dan pundak yang lemah serta renta. Berbagai riset ilmiah mengatakan bahwa puasa merupakan obat efektif untuk mengokohkan persendian dengan syarat dilakukan secara kontinyu selama 4 minggu berturut-turut. Apabila ditarik kesimpulan betapa puasa selama empat pekan sama seperti puasa bulan Ramadhan bukan?

15) Puasa Sembuhkan Sakit PencernaanAktifkan Sel-Sel Darah

Penyakit kronis seperti spasme usus besar dan ganguan pencernaan dapat disembukan dengan puasa, karena puasa bekerja dalam mengatur dan mengendalikan sistem kerja tubuh, sel-sel darah, otak dan jantung serta bekerja untuk mengurangi kegemukan dan pemeliharaan tubuh dari racun. Efek dari hilangnya racun adalah terhindar dari berbagai macam penyakit.

16) Puasa Aktifkan Sel-Sel Darah

Detik pertama dimulainya kita berpuasa, maka pada saat itulah terjadi aktifitas pembaruan sel-sel dalam tubuh, khususnya sel-sel darah. Dimulainya pembaruan sel-sel yang malas dengan ritme kerja tubuh yang tinggi dan pembaruan dengan ritme tubuh yang baru.

Para ilmuwan mengatakan bahawa puasa mirip dengan proses maintenance atau pemeliharaan, pembaruan dan pergantian bensin pada kendaraan. Layaknya mobil dan motor kita, butuh mampir ke bengkel untuk memperbaiki dan memperbarui onderdil yang rusak dan usang. Bisa dibayangkan betapa mengkhawatirkan kondisinya apabila motor tak pernah dibawa ke bengkel selama satu tahun. Pasti motor sudah tidak nyaman dan jalannya tersendat-sendat.

17) Puasa Juga Mengatasi Ratusan Penyakit Lain 

Kalau melihat data-data di atas maka luar biasa besar hikmah diperintahkannya puasa bagi umat Islam. Kita makin tahu bahwa Islam begitu luar biasa sempurna dan Allah amat sangat sayang pada hambaNya. Puasa luar biasa ajaib karena dapat menyembuhkan ratusan jenis penyakit lainnya seperti:

– Tekanan darah tinggi

– Penyakit diabetes

– Penyakit asma dan saluran pernapasan

– Penyakit jantung dan pengerasan arteri

– Puasa menyembuhkan penyakit hati tanpa efek samping

– Menyembuhkan penyakit kulit khususnya alergi dan al-okzma kronis

– Puasa mencegah penyakit paru-paru

– Mencegah penyakit kanker

– Puasa dianggap sejata paling ampuh dalam dunia kedokteran

18) Hikmah Islam : Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, 

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Sumber : http://www.voa-islam.com/read/muslimah/2014/07/27/27813/sehat-ala-nabi-2-puasa-lebih-hebat-daripada-diet-ocd/#sthash.pgVLMmPR.dpuf