AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Aqidah — January 9, 2018 at 18:17

Persiapkanlah Segala Kekuatan untuk Menghadapi Orang Kafir

by
Persiapkanlah Segala Kekuatan untuk Menghadapi Orang Kafir

Untuk memuliakan islam dan muslim dan menyelamatkan kehormatannya umat islam diwajibkan untuk melakukan I’dad atau persiapan dalam berperang melawan orang kafir, sehingga mereka takut untuk menyerang kaum muslimin…

Islamkafah.com Umat islam selalu mendapatkan kezhaliman dari orang kafir dimana saja umat islam berada apalagi jika umat islam adalah minoritas, namun sungguh kejam sekali jika umat islam melakukan pembelaan akan dicap sebgai teroris orang yang buruk sellau membunuh dan membuat kerusakan.

Untuk mengantisipasi penindasan terhadap umat islam Allah memerintahkan kita untuk melakukan I’dad atau persiapan dalam mengahadapi serangan dari orang Kafir, perintah itu terdapat pada surat Al Anfal : 60.

وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَ عَدُوَّكُمْ وَأَخَرِيْنَ مِنْ دُونِهِمْ لاَ تَعْلَمُونَهُمْ اللهُ يَعْلَمُهُمْ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيْلِ اللهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لاَ تُظْلَمُونَ

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Alloh, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya, sedang Alloh mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Alloh niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)”. (QS. Al Anfaal : 60)

Ini adalah perintah yang hukumnya wajib bagi setiap muslim, karena berdasarkan kaidah fiqh “bahwa perintah itu menunjukkan wajib, kecuali ada dalil yang menyelisihinya”, karena tidak ada dalil yang menyelisihi maka hukumnya wajib terutama bagi kaum pria.

Bentuk I’dad yang diperintahkan Rasullah adalah berupa belajar memanah, berkuda dan berenang, karena semua olah raga itu diperlukan dalam persiapan kekuatan fisik serta keahlian berperang.

Jadi ketika orang kafir menyerang kita sudah siap dengan situasi tersebut, ayat tentang I’dad tersebut juga memilki hikmah yang lain:

  1. Untuk mengantisipasi dari serangan musuh secara tiba-tiba.
  2. Memperingatkan kita bahwa musuh islam sellau mengincar umat islam.
  3. Harus selalu waspada karena musuh bisa menyerang kapan saja.
  4. Menggetarkan atau membuat takut musuh islam agar islam tida dizhalimi.

Semoga kita bisa mengamalkan kewajiban I’dad ini agar kita selalu siap menghadapi musuh dimana saja kita berada, dan membuat musuh islam takut, bahkan i’dad bisa dilakukan dalm ruangan yang berukuran kecil, walauppun hanya bisa untuk melatih fisik kita seperti push up dan lain sebagianya. (AN)

Tags
%d bloggers like this: