KAJIAN, Hikmah — January 16, 2018 at 14:11

Perbandingan Orang yang Berdzikir dengan yang Tidak Adalah Bagaikan Hidup dan Mati

by
Perbandingan Orang yang Berdzikir dengan yang Tidak Adalah Bagaikan Hidup dan Mati
Ketahuilah bahwa perbandingan orang yang berdzikir dan orang yang tidak berdzikir adalah bagaikan orang yang hidup dan orang yang mati…
Islamkafah.com – Berdzikir adalah sebuah ibadah yang sangat ringan di lisan, namun sangat berat di timbangan. Bahkan hadits-hadits yang ada, sangat menjelaskan keutamaan orang-orang yang ahli dzikir. Hal ini dikarenakan, meskipun ringan di lisan namun ternyata masih banyak sekali orang yang tidak punya waktu untuk menyempatkan diri berdzikir kepada Allah azza wa jalla.

Sekalipun dari pada itu, mereka labih mudah menghafal banyak lagu-lagu hits yang jelas-jelas haram dan banyak sekali madhorot-nya. Akan tetapi, entah mengapa mereka lebih mudah mengahafal dan menyayikan hal itu disela-sela senggang mereka. Padahal mereka sedang tidak sadar, bahwa perbuataan mereka akan membinasakan mereka.

Mari bersama-sama menyimak hadits dibawah ini:

وَعَنْ أَبِي مُوْسَى الأَشْعَرِي – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لاَ يَذْكُرُهُ مَثَلُ الحَيِّ وَالمَيِّتِ )) . رَوَاهُ البُخَارِيُّ .

وَرَوَاهُ مُسْلِمٌ فَقَالَ : (( مَثَلُ البَيْتِ الَّذِي يُذْكَرُ اللهُ فِيهِ ، وَالبَيْتِ الَّذِي لاَ يُذْكَرُ اللهُ فِيهِ ، مَثَلُ الحَيِّ والمَيِّتِ )) .

Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan orang yang berdzikir (mengingat) Rabbnya dan yang tidak bagaikan orang yang hidup dan orang yang mati.” (HR. Bukhari, no. 6407 dan Muslim, no. 779).

Hadits ini dengan jelas mengatakan bahwa orang-orang yang tidak berdzikir sama saja seperti orang yang meninggal dunia. Itulah hakikatnya. Maka, perbanyaklah dzkir wahai ikhwah sekalian. Karena ini akan menguntungkan kita semuanya.

Barakallahu fiikum. (Asdn) []

%d bloggers like this: