Manajemen Qalbu, KAJIAN, Hikmah — January 16, 2018 at 13:20

Meninggalkan Sesuatu yang Tidak Bermanfaat Adalah Ciri Muslim yang Baik

by
Meninggalkan Sesuatu yang Tidak Bermanfaat Adalah Ciri Muslim yang Baik

Dewasa ini banyak sekali perkara-perkara yang tidak bermanfaat oleh manusia, namun menjadi sebuah hal yang penting dan pokok. Sebut saja kebutuhan untuk menonton televisi, dimana seseorang banyak yang mengganggap hal tersebut seolah kebutuhan pokok….

 

Islamkafah.com – Seorang muslim yang baik, hendaknya mengatur dengan tepat apa yang menjadi kebutuhannya. Dan, melihat televisi tentu bukan kebutuhan pokok. Bahkan hal itu bisa diganti untuk kegiataan lain yang lebih bermanfaat tentunya.

Hal ini dikarenakan, perintah Agama adalah memberikan yang terbaik untuk waktu kita dengan segala hal-hal yag bermanfaat. Dan, menghindari dan menjauhi semua hal yang tidak bermanfaat, meskipun itu mubah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda:

 مِنْ حُسْنِ إسلامِ المَرءِ تَركُهُ ما لا يَعْنِيهِ

“Di antara tanda kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan perkara-perkara yang tidak bermanfaat baginya.” (H.R Tirmidzi, hasan)

Hadits diatas adalah mengajarkan kepada kita untuk berlaku seperlunya dan menggunakan waktu yang begitu singkat ini untuk segala hal-hal yang bermanfaat dan berpahala. InsyaaAllah, hal ini jika dipraktikkan akan menuai barokah dan hasil yang sangat baik. (Adsn) []

%d bloggers like this: