Thibbun Nabawi, MIRACLE — August 10, 2017 at 23:00

Menggunakan Madu, Bekam, dan Kayy untuk Beberapa Jenis Pengobatan yang Sudah di Skemakan!

by
Menggunakan Madu, Bekam, dan Kayy untuk Beberapa Jenis Pengobatan yang Sudah di Skemakan!

Pengobatan untuk penyakit yang menyerang darah sesungguhnya sudah diberikan solusi oleh Nabi Muhammad –Shallallahu alaihi wassalam- yakni denga Bekam. Dan, penyakit jenis lainnya bisa diobati dengan obat yang sangat mujarab untuk kesehatan, yaitu Madu alami….

Islamkafah.com – Nabi Muhammad -Shallallahu alaihi wassalam- bersabda dalam sebuah Hadits Shahih yang diriwayatkan dari Zaid Ibn Jubair, dari Ibnu Abbas –Radiallahuanhu-, ” “Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: Dengan meminum madu, denga pembekaman, dengan besi panas. Dan, aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhari, Ibnu Majah, Ahmad, dan Al-Bazzar)

Hadits diatas jelas menerangkan kepada kita bahwa sesungguhnya madu dan bekam memiliki keistemewaan khusus dalam masalah penyembuhan dan kesehatan. Dalam Kitab Zadul Ma’aad karangan Imam Ibnul Qoyyim Al-Jauziyyah, beliau menjelaskan bahwa penyakit dalam jenis penyeumbatan itu ada 3 macamnya.

Pertama, jenis kuning.
Kedua, jenis peneyerangan darah. Dan,
Ketiga, yang menyerang tenggorokan dan jenis yang hitam.

Nah, untuk cara mengatasinya beliau menjelaskan bahwa cara yang paling tepat untuk penyakit yang menyerang darah adalah dengan mengeluarkan darah yang tersumbat. Cara ini bisa dilakukan dengan metode bekam. Dan, untuk yang lainnya bisa dilakukan pengobatan dengan mengkonsumi obat-obatan pencahar yang berefek positif dalam pengatasan sumbatan yang bahkan bisa mencapai tingkat komplikasi.

Penyebutan Nabi -Shallallahu alaihi wassalam- terhadap Madu, membuktikan bahwa Madu adalah obat pencahar yang alami. Sementara metode bekam merupakan sarana terbaik untuk mengeluarkan darah yang kotor dan tersumbat.

Para Ulama ketika menjelaskan hadits diatas, dimana Nabi –Shallallahu ‘alaihi wassalam- menyebutkan bahwa melarang umatnya menggunakan Kayy, adalah penegasan bahwa Kayy atau metode besi panas merupakan cara yang paling terakhir apabila kedua cara diatas tidak membuahkan hasil.

Hal ini dikarenakan, pengobatan dengan Kayy tidak boleh terburu-buru. Karena, hal ini harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli dalam pengobatan jenis ini. Selain itu, dalam beberapa kasus, penyakit seseorang yang akan diobati itu justru terasa lebih ringan dirasakan kepada si penderita, dari pada ia (penderita) merasakan sakitnya terkena besi yang panas tersebut.

Wallahu A’lam. (LF)

__________
Reverensi: Kitab At-Thibun Nabawiyyah, Ibnul Qoyyim Al-Jauziyyah

%d bloggers like this: