Ibadah, FIQIH — May 22, 2019 at 19:42

Kultum Tarawih: Ramadhan Momentum untuk Meraih Pahala Bersedekah

by
Kultum Tarawih: Ramadhan Momentum untuk Meraih Pahala Bersedekah

Bulan Ramadhan benar-benar kesempatan terbaik untuk beramal. Bulan Ramadhan adalah kesempatan menuai pahala melimpah. Banyak amalan yang bisa dilakukan ketika itu agar menuai ganjaran yang luar biasa.

Assalamu’alaikum warahmatullah

Hadirin yang berbahagia

Di bulan yang mulia ini semua amal dilipatgandakan dan sedekah di bulan Ramadhan adalah sebaik-baiknya sedekah maka perbanyaklah bersedekah, Nabi bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga”.

Dari hadits tersebut bahwa memberi makan buka puasa di sini boleh jadi dengan makan malam, atau dengan kurma. Jika tidak bisa dengan itu, maka bisa pula dengan seteguk air.

Dalam hadits tersebut juga terdapat makna yang tersirat yaitu hendaklah kita memberi buka puasa kepada orang yang mengerjakan puasa dengan sangat baik karena nanti kita akan mendapat pahala orang tersebut.

Semakin banyak kita memeberi buka kepada orang lain semakin banyak pula kita mendapatkan pahala puasa dari orang yang kita beri berbuka.

Dan seandainya kita tidak bisa mencari orang yang terbaik dalam menjalankan ibadah puasa maka kita tidak perlu khawatir karena Allah masih memberi ganjaran pahala bersedekah di bulan Ramadhan.

Itu baru dari memberi makan orang yang berbuka puasa belum lagi dari pahal sedekah yang biasa kita lakukan di kotak infaq atau lain sebagainya, pasti Allah akan memberikan pahala yang melimpah ruah karena ini bulan yang tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak – banyaknya .

Mudah – mudahan penjelasan di atas bisa menambah ghirah kita untuk lebih semangat dalam bersedekah

Akhirul kalam

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh (AN)

%d bloggers like this: