Ibadah, FIQIH — May 23, 2019 at 17:59

Kultum Tarawih: Memanfaatkan Momen Ramadhan untuk Mengumpulkan Pahala

by
Kultum Tarawih: Memanfaatkan Momen Ramadhan untuk Mengumpulkan Pahala

BUlan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan paha dari Allah SWT dikarenakan pada bulan ini pahala dilipat gandakan, pahala ibadah sunnah sama dengan ibadah wajib dan pahala ibadh wajib dilipatgandakan menjadi 70 kali lipat, maka pada bulan inilah kita memiliki kesempatan untuk mengumpulkan pahala sebanyak mungkin.

Assalamu’alaikum warahmatullah

Hadirin yang berbahagia

Di bulan yang penuh barakah dan rahmat Allah ini mari kita kaji sedikit tentang keutamaan Ramdahan, di bulan ini Allah turunkan Al-Quran sebagai petunjuk dan penjelasan bagi petunjuk itu sendiri.

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183-185 Khusus tentang ramadhan yang artinya:

  1. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
  2. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan.Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
  3. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Di bulan ini juga Allah berikan satu malam yang luar biasa yang satu malam itu lebih baik dari seribu bulan yaitu Lailatul Qadr dimana para malaikat turun kebumi untuk memberikan rahmat Allah dan mendoakan orang – orang yang pada malam itu berusaha mendapatkan malam itu.

Di bulan ini pahala Allah lipat gandakan pintu surga di buka lebar – lebar pintu neraka di tutup rapat setan dan jin yang mengajak keburukan di belenggu, sehingga umat islam bisa dengan mudah mengerjakan amal shaleh

Dibulan ini sesungguhnya Allah memberikan bonus besar – besaran kepada kita sebagai umat islam, namun masih banyak yang belum menyadarinya sehingga masih ada yang bermalas – malasan untuk mengejarnya.

Hadirin yang berbahagia

Sebelas bulan kita mengerjakan kebaikan dengan sebulan Ramadhan kita mengerjakan kebaikan nilainya jauh lebih banyak kita mengerjakan kebaikan selama bulan Ramadhan ini. Itu artinya kita jangan menyia – nyiakan momen Ramadhan ini.

Ini adalah momen untuk Fastabiqul Khairat berlomba dalam kebaikan, setelah kita mengetahui bahwa Allah menyediakan begitu banyak pahala untuk kita pada bulan ini apakah kita akan diam saja danmenyesal di akhirat nanti atau akan ikut berburu kebaikan agar menjadi orang yang bertaqwa di sisi Allah, karena memang orang paling bertakwalah yang paling mulia di sisi Allah.

Sedikit tentang kemulian Ramadhan yang bisa kami sampaikan mudah-mudahan menjadi motivasi bagi kita semua agar menjadi orang yang bertakwa baik di bulan Ramadhan maupun setelah Ramadhan

Akhirul kalam

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakaatuh (AN)

%d bloggers like this: