AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Akhlaq — May 25, 2018 at 08:39

Inilah Kumpulan Hadits tentang Menu Berbuka dan Sahur Nabi

by
Inilah Kumpulan Hadits tentang Menu Berbuka dan Sahur Nabi

Saat ini kita sedang melaksanakan ibadah puasa Ramdhan lalu apa menu yang tepat saat berbuka dan sahur yang sesuai dengan sunnah Nabi? …

Islamkafah.com – Sebagai seorangmuslim tentu kita ingin mengetahui bagaimana menu makan Rasulullah saat berbuka puasa dan sahur, apalagi saat ini kita sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, berikut kumpulan hadits yang menunjukkan menu nabi saat berbuka dan sahur.

  1. Hadits Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

كان النبي يفطر قبل أن يصلي على رطبات فإن لم تكن رطبات فتميرات فإن لم تكن تميرات حسا حسوات من الماء

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam berbuka puasa sebelum melakukan sholat magrib dengan ruthob, jika tidak ada ruthob (kurma basah)maka beliau berbuka dengan beberapa butir tamr(kurma kering) dan jika tidak ada tamar maka beliau meminum beberapa teguk air putih” (HR Tirmizi 696). 

Hadits di atas menunjukan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan 3 macam yaitu Ruthab (kurma kering) atau Tamr (kurma basah) atau air putih.

yang paling diutamakan adalah memakan kurma basah, jika tidak ada maka kurma kering jika tidak ada dengan air putih. itulah menu berbuka yang dicontohkan Nabi.

  1. Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam;

نعم سحور المؤمن التمر

sebaik-baik (menu) makan sahur seorang Mu’min adalah tamar (kurma).” (HR Abu Daud 23345)

  1. Hadits Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘a’aihi wasallam berkata kepadaku -dan saat itu ketika sahur-;

يا أنس إني أريد الصيام أطعمني شيئا، فأتيته بتمر وإناء فيه ماء وذلك بعدما أذن بلال

Wahai Anas, sesungguhnya aku ingin puasa, berikanlah sesuatu makanan padaku.” Maka aku datang kepadanya dengan tamar dan segelas air dan itu setelah Bilal mengumandangkan adzannya.” (HR An Nasai 2167)

  1. Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

تسحروا ولو بجرعة من ماء

Bersahurlah!meski hanya dengan –meminum-seteguk air”(HR Ibnu Hibban 3476).

Demikin kumpulan hadits tentang menu berbuka dan sahur yang dicontohkan Nabi. (Abd.N)

%d bloggers like this: