AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Akhlaq — October 13, 2017 at 23:37

Inilah Hak Seorang Muslim Terhadap Muslim yang Lain

by
Inilah Hak Seorang Muslim Terhadap Muslim yang Lain

lafazh di dalam hadits tersebut merupakan lafazh ‘Aam atau umum jadi memiliki makna siapa saja tidak di khususkan, maksudnya adalah sesama muslim dimana saja dan kapan saja, juga siapa saja baik yang kita kenal atau tidak, asalkan dia muslim maka wajib bagi kita melaksanakn hadits tersebut

Islamkafah.com – Rasulullah Bersabda :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ 

Artinya: Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)”. Riwayat Muslim.
Dari dalil tersebut diatas diketahui bahwa setiap muslim memiliki hak terhadap muslim lainnya yang jumlahnya ada 6 perkara, karena hak itu merupakan kewajiban kita terhadap orang lain, maka hak sesama muslim itu wajib kita laksanakan.
Dan lafazh di dalam hadits tersebut merupakan lafazh ‘Aam atau umum jadi memiliki makna siapa saja tidak di khususkan, maksudnya adalah sesama muslim dimana saja dan kapan saja, juga siapa saja baik yang kita kenal atau tidak, asalkan dia muslim maka wajib bagi kita melaksanakn hadits tersebut.
Dengan kita melaksanakn perintah Rasul tersebut maka kita sudah menjadi muslim yang baik, dan peduli terhadap sesamanya. (HS)
%d bloggers like this: