Ibadah, Puasa, Hikmah — Thu 30 Apr 2020AD at 10:53

Dahsyatnya Doa Orang Berpuasa

by
Dahsyatnya Doa Orang Berpuasa

 

IslamKafah.com – Ramadhan bulan yang sangat istimewa, selain berpuasa dan tilawah Al-Qur’an banyak amal ibadah lain yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah berdoa dan bermunajat kepada Allah, karena doa orang yang berpuasa mustajab.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ثلاث لا تُردّ دعوتهم: الصائم حتى يُفطر، والإمام العادل، ودعوة المظلوم

Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu ia berkata, Rasulullah bersabda, “Ada tiga golongan yang tidak ditolak doanya, orang berpuasa sampai berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang dizalimi.” (Riwayat Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Maka perbanyaklah berdoa di bulan Ramadhan ini karena doa orang yang berpuasa mustajab di sisi Allah, apalagi saat ini kita sedang dilanda wabah maka perbanyaklah memohon pertolongan dan ampunan kepada Allah agar kita diselamatkan baik dunia maupun akhirat.

Jadikanlah momentum Ramadhan ini sebagai salah satu cara kita untuk meraih kemuliaan Allah azza wa jalla agar kita selalu menjadi orang yang bertaqwa.

Dan Allah itu sangat senang jika Hamba-Nya selalu berdoa bahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَاِذَا سَاَلَـكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran.”(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 186)

Allah mengabulkan doa Hamba-Nya maka teruslah berdoa kepada Allah dengan penuh harap, rasa takut dan kerendahan serta dengan suara yang lembut Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَّخُفْيَةً ۗ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ ۚ

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.”(QS. Al-A’raf 7: Ayat 55)

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًا ۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.”(QS. Al-A’raf 7: Ayat 56)

Semoga Allah senantiasa mengabulkan setiap doa yang kita panjatkan….

Wallahu A’lam

%d bloggers like this: