Manajemen Qalbu, KAJIAN — April 9, 2017 at 05:02

Bolehkah Memuji Seseorang? Dan, Apakah Syarat-syaratnya?

by
Bolehkah Memuji Seseorang? Dan, Apakah Syarat-syaratnya?

Dari Abdurrahman bin Abi Bakrah dari bapaknya berkata: Ada seorang yang memuji orang lain di depan orang tersebut, maka berkata Nabi SAW: “Celaka kamu, kamu telah mencelakakan saudaramu! Kamu telah mencelakakan saudaramu!” (dua kali), lalu sabda baginda SAW: “Jika ada seseorang ingin memuji orang lain di depannya maka katakanlah: Cukuplah si fulan, semoga ALLAH mencukupkannya, kami tidak mensucikan seorangpun di sisi ALLAH, lalu barulah katakan sesuai kenyataannya.” (HR Muttafaq ‘alaih dan ini adalah lafzh Muslim)…

Namun, seringkali dalam kekaguman tersebut terucap pujian kepadanya secara langsung, bahkan berlebihan. Maka Rasulullah SAW mengingatkan kita akan hal ini.

Dari Abdurrahman bin Abi Bakrah dari bapaknya berkata: Ada seorang yang memuji orang lain di depan orang tersebut, maka berkata Nabi SAW: “Celaka kamu, kamu telah mencelakakan saudaramu! Kamu telah mencelakakan saudaramu!” (dua kali), lalu sabda baginda SAW: “Jika ada seseorang ingin memuji orang lain di depannya maka katakanlah: Cukuplah si fulan, semoga ALLAH mencukupkannya, kami tidak mensucikan seorangpun di sisi ALLAH, lalu barulah katakan sesuai kenyataannya.” (HR Muttafaq ‘alaih dan ini adalah lafzh Muslim)

Dan dari Mujahid dari Abu Ma’mar berkata: Berdiri seseorang memuji seorang pejabat di depan Miqdad bin Aswad secara berlebih-lebihan, maka Miqdad mengambil pasir dan menaburkannya di wajah orang itu, lalu berkata: Nabi Muhammad SAW memerintahkan kami untuk menaburkan pasir di wajah orang yang gemar memuji. (HR Muslim)

Nah, sahabat Muslimahzone begitulah anjuran Nabi agar kita senantiasa menjaga diri dari hal yang sudah semestinya kita hindari. Memuji memang terlihat baik tapi bisa jadi ia menyebabkan orang yang dipuji tersisipkan rasa ujub di dalam hatinya. Tentu kita tidak ingin kan saudara kita terjebak karena sikap kita. Semoga dapat diambil pelajaran. Wallahu’alam.


Sumber : https://www.muslimahzone.com/bolehkah-memuji-seseorang/