Internasional, NEWS — November 30, 2017 at 22:42

Bangladesh Bakal Relokasi Pengungsi Rohingya ke Pulau Rawan Banjir

by
Bangladesh Bakal Relokasi Pengungsi Rohingya ke Pulau Rawan Banjir

Pemerintah Bangladesh berencana akan memindahkan atau merelokasi para pengungsi Muslim Rohingya ke suatu pulau terpencil yang rawan terkena banjir.

DHAKA, BANGLADESH (Islamkafah.com) Pemerintah Bangladesh berencana akan memindahkan atau merelokasi para pengungsi Muslim Rohingya ke suatu pulau terpencil yang rawan terkena banjir.

Hal ini menuai kecaman dari berbagai pihak terutama dari Badan HAM, karena rencana relokasi ini sangat tidak layak bagi pengungsi yang sudah kesusahan kini akan semakin dibuat susah lagi oleh banjir.

Dilansir sindonews.com minggu ini, Bangladesh telah menyetujui rencana senilai USD280 juta untuk mengembangkan pulau Bhashan Char yang letaknya rendah untuk sementara menampung beberapa dari mereka sampai mereka bisa pulang.

Pulau Bay of Bengal, yang juga dikenal dengan sebutan Thenger Char, muncul dari lumpur di lepas pantai delta Bangladesh sekitar 11 tahun yang lalu. Pulau ini tidak memiliki jalan atau bangunan dan biasanya dilanda banjir rob pada musim hujan di bulan Juni-September. Saat laut tenang, bajak laut berkeliaran di sekitar perairan untuk menculik nelayan dengan tebusan.

Inilah resiko yang akan diterima oleh para pengungsi jika mereka jadi direlokasi ke pulau tersebut, bukan hanya banjir tapi juga serangan bajak laut yang akan mengintai mereka. (HS)