AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Aqidah — Thu 19 Mar 2020AD at 10:56

Awas Penyimpangan Aqidah Akibat Wabah Virus Corona

by
Awas Penyimpangan Aqidah Akibat Wabah Virus Corona

Corona virus telah membuat sebagian umat Islam rusak aqidahnya berubah menjadi jabariyah…

Islamkafah.com – Saat ini dunia dihebohkan dengan virus Corona yang sudah merenggut banyak nyawa, namun disayangkan akibat dari Corona ini bukan hanya korban jiwa saja yang timbul namun juga korban aqidah yang sesat.

Ada sebagi orang Islam yang menganggap tidak perlu takut terhadap wabah ini karena ini sudah takdir Allah azza wa jalla, tidak perlu repot menjaga diri dari wabah ini karena hidup dan mati sudah ditakdirkan oleh Allah, ini merupakan aqidah sesat yang disebut jabariyah.

Jabariyah adalah paham yang menafikan perbuatan dari hamba secara hakikat dan menyerahkan perbuatan tersebut kepada Allah. Artinya, manusia tidak punya andil sama sekali dalam melakukan perbuatannya, Tuhanlah yang menentukan segala-galanya.

Keyakinan Jabariyah bertolak belakang dengan keyakinan Qadariyah namun keduanya dikatakan menyimpang dari akidah Ahlussunnah yang berada dipertengahan, karena menurut akidah Ahlussunnah mengenai takdir bahwa setiap manusia memiliki pilihan dan kebebasan dalam menentukan kehendak.

Manusia diperintahkan untuk berusaha yakni diperintah berbuat baik dan dilarang berbuat kejahatan, dijanjikan pahala atau diancam siksa atas konsekuensi dari perbuatannya, sementara apapun yang akan dilakukannya sudah ditetapkan (telah tertulis) dalam takdirnya, yang mana setiap makhluk tidak pernah mengetahui bagaimana takdirnya (baik atau buruk) kecuali setelah terjadinya (berlakunya) takdir itu.

Maka dari itu kita perlu memperbaiki aqidah kita jangan sampai kita ikut termakan aqidah sesat ini, kita diperintahkan untuk berikhtiar dalam hal menjaga kesehatan agar tidak terkena wabah ini, bukan diam saja tanpa melakukan apa-apa untuk mencegah penyakit ini dengan beralasan semua sudah takdir Allah azza wa jalla.
Wallahu A’lam

%d bloggers like this: