Internasional, NEWS — Wed 24 Jun 2020AD at 15:37

Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji, Tapi Dibatasi

by
Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji, Tapi Dibatasi

 

Riyadh – Haji akan dilanjutkan bulan depan tetapi dengan jumlah jamaah yang “sangat terbatas”. Demikian pernyataan dari otoritas Arab Saudi mengatakan pada Senin (22/06/2020).

“Keputusan itu diambil karena ancaman yang terus-menerus dari pandemi coronavirus dan untuk menjaga kesehatan masyarakat global,” kata Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

Peziarah yang ambil bagian berasal dari berbagai negara yang sudah tinggal di Arab Saudi.

Sekitar 2,5 juta peziarah melakukan haji tahun lalu, tetapi skala dan penyebaran COVID-19 yang sedang berlangsung di seluruh dunia membuat orang tidak akan dapat melakukan perjalanan ke Kerajaan.

Kementerian mengatakan keputusan telah dibuat “mengingat kelanjutan pandemi dan risiko virus yang menyebar di ruang ramai dan pertemuan besar.”

“Jumlah peziarah yang sangat terbatas dari berbagai kebangsaan yang sudah tinggal di Arab Saudi, akan dapat melakukannya.”

“Keputusan ini diambil untuk memastikan ibadah haji dilakukan dengan cara yang aman untuk menjaga kesehatan masyarakat sambil mengamati semua tindakan pencegahan dan protokol jarak sosial yang diperlukan.”

Tahun lalu, lebih dari 1,8 juta peziarah melakukan perjalanan ke Arab Saudi dari luar negeri untuk ambil bagian. Kementerian haji mengatakan tahun ini risiko penularan penyakit antara negara-negara dan peningkatan infeksi secara global berarti risikonya terlalu tinggi.

Kementerian mengatakan prioritas utama Arab Saudi adalah selalu memungkinkan jamaah Muslim dapat melakukan haji dan umrah dengan aman dan aman.

Dewan Ulama Senior mengatakan pada hari Senin bahwa itu mendukung apa keputusan Kerajaan untuk membatasi jumlah peziarah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan mereka.

Sementara itu, Menteri Awqaf Mesir, Mohamed Mokhtar Gomaa, mengatakan bahwa mengingat penyebaran pandemi coronavirus, negaranya juga mendukung keputusan Kerajaan untuk membatasi jumlah peziarah.

 


sumber: https://www.kiblat.net/2020/06/23/arab-saudi-tetap-gelar-ibadah-haji-tapi-dibatasi/

%d bloggers like this: