Manajemen Qalbu, KAJIAN, Hikmah — February 8, 2018 at 22:04

Yakinlah Bahwa Allah Akan Mengampuni Segala Dosa Hamba-Nya

by
Yakinlah Bahwa Allah Akan Mengampuni Segala Dosa Hamba-Nya

Allah maha pemberi taubat bagi hamba-Nya yang ingin bertaubat segala bentuk dosa akan Allah ampuni karena Allah maha pemberi taubat…

 

Islamkafah.com –  Secara Syar’i, taubat adalah meninggalkan dosa karena takut pada Allâh, menganggapnya buruk, menyesali perbuatan maksiatnya, bertekad kuat untuk tidak mengulanginya, dan memperbaiki apa yang mungkin bisa diperbaiki kembali dari amalnya.

Hakikat dari taubat adalah membersihkan diri kita dari kesalahan yang pernah kita lakukan dan tidak akan mengulanginya lagi karena kita tahu perbuatan maksiat akan merugikan kita di dunia dan akhirat kelak.

Allah berfirman dalam surat Az Zumar ayat 53 :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dalam ayat tersebut Allah mengampuni semua dosa apa saja, setiap orang yang berdosa akan Allah ampuni jika ia mau bertaubat atau kembali pada Allah, dan di ayat yang lain dalam surat Asy Syura ayat 25 :

وَهُوَ الَّذِي يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُو عَنِ السَّيِّئَاتِ وَيَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ

Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan seluruh kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Seluruh dosa yang dilakukan seorang hamba akan Allah hapuskan karena Allah maha pemberi ampunan, Allah akan menerima taubat semua hambanya dan mengampuni semua dosanya Allah berfirman dalam surat Al Buruuj ayat 14 :

وَهُوَ الْغَفُورُ الْوَدُودُ

Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih

Dan  hanya ada satu dosa yang tidak akan diampuni yaitu syirik seperti firmannya dalam surat An Nisa ayat 116 :

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.

Dari dalil-dalil di atas dapat kita ketahui bahwa Allah akan mengampuni segala macam dosa dan kesalahan hamba-Nya dan janganlah kita berputus asa dari rahmat Allah dalam hal pengampunan-Nya, dan hanya ada satu dosa yang tidak diampuni yaitu dosa syirik. (RN)