Internasional, NEWS — July 23, 2020 at 17:20

Turki Kebut Persiapan Shalat Jum’at Pertama di Hagia Sophia

by
Turki Kebut Persiapan Shalat Jum’at Pertama di Hagia Sophia

Turki melakukan persiapan untuk melaksanakan shalat Jum’at pertama di Hagia Sophia…

ISTANBUL, TURKI (ISLAMKAFAH.COM) – Menjelang salat Jumat pertama di Hagia Sophia pada 24 Juli 2020 mendatang Turki melakukan berbagai persiapan untuk menyambut jama’ah.

Beberapa hari terakhir ini tampak para pekerja memasang tirai untuk menutup mosaik dan lukisan di bagian dalam gedung selama salat karena tepat berada di arah kiblat.

Karpet wol khas Turki pun ikut dipasang untuk menyambut para jama’ah untuk melaksanakan shalat Jum’at pertama setelah seabad tidak digunakan sebagai masjid.

Selain itu Turki juga mengundang beberapa Petinggi Negara lain untuk ikut melaksanakan shalat Jum’at pertama di Hagia Sophia.

Mosaik dan lukisan dinding di Hagia Sophia akan ditutupi tirai selamat salat, Mosaik Theokos setinggi 6,5 meter dan Gabriel setinggi 7,5 meter yang terlihat dari lantai bawah, akan dibuka dan ditutup dengan tirai, selama satu menit masing-masing dikutip dari Sindonews (22/7/2020)

Tirai yang digunakan untuk menutupi mozaik tersebut dibuat tanpa paku agar tidak merusak masjid yang sudah berusia ratusan tahun.

(Abd.N)