AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Aqidah, Kuliah Akhlaq — August 13, 2018 at 14:30

Tunjukkan Diri Kita “Saksikanlah Bahwa Aku Seorang Muslim!”

by
Tunjukkan Diri Kita “Saksikanlah Bahwa Aku Seorang Muslim!”

Dewasa ini banyak sekali orang yang mengaku membawa islam tapi malu dengan gaya berpakaina yang islami, mengapa harus malu? bukankah kita diperintahkan untuk menujukkan jati diri kita pada orang lain bahka kita ini muslim…

 

Islamkafah.com – Zaman ini orang islam malu atau tidak bangga menunjukkan jati dirinya dihapan orang lain, baik karena pengaruh perkembangan zaman dan ketidak tahuan kaum muslimin untuk menunjukkan jati diri kita adalah muslim, dalam hal berpakain saja kaum muslimin sudah enggan memakai pakaian yang bercorak islami ada yang beralasan tidak ngetren, kurang gaul, ketinggalan zaman lah ini dan itu banyak alasan yang dilontarkan.

Jika yang biasanya orang islam memakai peci sekarang diganti menggunakan topi, jika biasanya menggunakan baju koko sekarang diganti kaos dan kemeja tanpa kancing, jika biasa memakai sarung sekarang menggunakan celana jeans, dan lain sebagainya.

Padahal ketika kita hendak shalat saja Allah perintahkan agar kita membawa perhiasan sebagai syiar islam, memakai pakaian yang terbaik yang dimiliki tentunya yang bercorak islami, seperti dalam firman Allah :

يَا بَنِي آدَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid” (Al A’raf : 31)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata, “dalam ayat ini, Allah tidak hanya memerintahkan hambanya untuk menutup aurat, akan tetapi mereka diperintahkan pula untuk memakai perhiasan. Oleh karena itu hendaklah mereka memakai pakaian yang paling bagus ketika shalat”.

Dan dijelaskan dalam kitab tafsir karangan Imam Ibnu Katsir rahimahullah, “berlandaskan ayat ini dan ayat yang semisalnya disunahkan berhias ketika akan shalat, lebih-lebih ketika hari Jumat dan hari raya. Termasuk perhiasan yaitu siwak dan parfum”

Kemudian dalam ayat yang lain Allah berfirman tentang kisah Hawariyyun yang membela nabi Isa ‘alaihis salam yang dengan lantang mengatakan “Saksikanlah oleh kalian semua bahwa kami orang muslim (berserah diri)” yang terdapat dalam surat Ali Imran ayat 52:

فَلَمَّا أَحَسَّ عِيسَىٰ مِنْهُمُ الْكُفْرَ قَالَ مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللَّهِ ۖ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللَّهِ آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani lsrail) berkatalah dia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?” Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: “Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang Islam (yang berserah diri).

Seharusnya kita sebagai seorang muslim bengga dengan identitas kita dan harus terang-terangan menyiarkan pada orang lain bahwa kita ini muslim walaupun hanya dengan melihat penampilan saja orang lain sudah tahu bahwa kita beragama islam, jika kita menengok di kampung atau pelosok desa kita bisa dengan mudah mengetahui mana orang yang rajin beribadah dan tidak rajin beribdah hanya dengan melihat tampilannya saja, yang rajin beribadah biasanya menggunakan peci memanjangkan janggut, memakai baju koko atau jubah.

Sekarang orang islam malu untuk menunjukkan jati dirinya, tidak bangga memperlihatkan keislamannya meski dengan tampilan pakaian saja, seharusnya kita banga dan syiarkan islam meskipun hanya dengan cara berpakain atau penampilan kita, hijrahlah dari kebiasaan menggunakan penampilan yang tidak islami ke penampilan yang islami, yang tadinya kita pakai topi sekarang jadi paka peci, yang tadinya pakai kaos dan kemeja sekarang pakai baju koko atau jubah, dengan hal kecil ini kita sudah membantu menyiarkan islam, apalagi ditambah dengan kita memiliki akhlaq yang baik itu akan menambah kesan kepada setiap orang yang melihat diri kita.

Bahkan sekalipun kita brada di negeri orang kafir tunjukkanlah bahka kita ini muslim, agar orang tahu dan sebagai syiar kita pada orang kafir, mungkin itu bisa jadi wasilah mereka untuk beriman pada Allah, jangan pernah takut menunjjak jati diri kita dimana saja kepada siapa saja bahwa ita adalah muslim. (Abd.N)

%d bloggers like this: