Tarbiyatul Aulad, MUSLIMAH — March 29, 2018 at 03:35

Ternyata Bayi Hanya Mengenal Warna Hitam dan Putih. Benarkah?

by
Ternyata Bayi Hanya Mengenal Warna Hitam dan Putih. Benarkah?

Memang tidak bisa dihindari pengaru dari kebiasan masyarakat terhadap seseorang. Contohnya saja dengan memeberikan pakaian dengan warna khusus seperti bayi laki-laki untuk biru, dan bayi perempuan untuk warna pink. Namun, menurut penelitian ternyata warna yang paling tepat untuk bayi adalah warna hitam, atau yang disebut dengan monokrom. Karena, pada saat usia 0-3 bulan, bayi hanyalah bisa melihat warna hitam dan putih saja. Untuk itu, dengan memberikan warna hitam dan putih akan memepercepat rangsangan untuk otaknya. Dan, ini adalah lebih tepat.

 

 

Biru untuk laki-laki, pink untuk perempuan. Ya…seringkali dua warna ini menjadi pilihan untuk warna bagi bayi yang baru lahir. Lihatlah di toko perlengkapan bayi, dua warna ini begitu dominan. Mbak petugas pasti mengajukan pertanyaan yang kurang lebih sama ketika ia ingin membantu, “Bayinya laki-laki atau perempuan?”

Bunda salihah yang dirahmati Allah, ternyata menurut penelitian terakhir warna ideal bagi bayi bukanlah biru atau pink melainkan warna netral. Hitam dan putih atau biasa disebut monokrom adalah warna yang dianjurkan untuk menjadi pilihan bagi bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan.

Itu karena pada usia ini, bayi hanya bisa melihat warna hitam, abu-abu dan putih. Dengan memberikan warna yang mampu diindera oleh bayi di usia ini, itu artinya bunda sudah memberi stimulasi atau rangsangan yang tepat bagi penglihatan si buah hati. Lebih jauh lagi, pemberian warna yang tepat bisa mempercepat pertumbuhan dan perkembangan otak bagi si bayi.

…Hitam dan putih untuk bayi karena pemberian warna yang tepat bisa mempercepat pertumbuhan dan perkembangan otak bagi si buah hati…

Selepas usia 3 bulan, barulah pemberian stimulasi dengan warna selain monokrom bisa diberikan. Bayi sudah mulai bisa melihat warna indah lainnya. Sehingga memberikan warna-warni di usia ini bisa merangsang perkembangan otak bayi di tahap selanjutnya.

Bunda bisa memilih warna apa saja agar si buah hati semakin mengenal banyak warna. Lagipula, warna dasar atau monokrom sebelumnya akan mempermudah pemilihan warna berikutnya. Atau bisa juga pernik-pernik dalam kamar saja yang diberi warna-warna, sedangkan warna dasar kamar tetap dipertahankan juga bisa menjadi pilihan.

Perkembangan mengenal warna pada bayi mencapai tingkat sempurna di usia 6-8 bulan. Di usia ini bagus memperkenalkan warna-warni yang menyala karena biasanya memang disuka oleh si kecil. Warna ini biasa terdapat pada benda-benda mainan, buku-buku anak, dan meja kursi khusus bagi bayi. Meskipun stimulasi warna harus tetap diberikan, jangan lupa bahwa itu semua seharusnya tidak berlebihan. Satu hal yang harus diingat untuk kamar anak adalah kenyamanan si kecil agar ia bisa tidur nyenyak dan senang berada di dalamnya.

Nah bunda, tidak  bingung lagi kan untuk pemilihan warna menjelang kelahiran buah hati? Apalagi kalau belum tahu apakah ia perempuan atau laki-laki. Warna netral atau monokrom (hitam dan putih) sudah ada dasarnya dalam penelitian untuk dijadikan pilihan. Selamat mencoba! Wallahu alam.

 


Sumber : http://www.voa-islam.com/read/muslimah/2016/07/27/45368/bukan-biru-atau-pink-hitam-dan-putih-adalah-warna-ideal-bagi-bayi/#sthash.K7a4SrBk.dpuf

%d bloggers like this: