Ibadah, FIQIH — February 16, 2018 at 23:49

Termasuk Sunnah Tidak Melepas Sepatu Disaat Bepergian Jauh (Safar)

by
Termasuk Sunnah Tidak Melepas Sepatu Disaat Bepergian Jauh (Safar)

Mungkin terasa nyaman bagi kita ketika sedang safar, kita melepas sepatu kita diatas kedaraan kita seperti kereta, bus, atau mobil dan pesawat…

 

Islamkafah.com – Ikhwah fillah. Tahukah anda, bahwa sesunguhnya termasuk perintah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam adalah kita tidak diperkenankan untuk melepas sepatu dalam keadaan safar.

Hal ini mungkin untuk menghindarkan diri dari berbagai madharat yang ada. Bisa jadi kaki terkelupas akan panas teriknya matahari, atau tersengat binatang, dan lain sebagainya. Perintah ini terdapat dalam sebuah hadits shahih berikut ini:

   عَنْ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ رضي الله عنه قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَأْمُرُنَا إِذَا كُنَّا سَفْرًا أَنْ لَا نَنْزِعَ خِفَافَنَا ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيَهُنَّ إِلَّا مِنْ جَنَابَةٍ وَلَكِنْ مِنْ غَائِطٍ وَبَوْلٍ وَنَوْمٍ )  أَخْرَجَهُ النَّسَائِيُّ وَاَلتِّرْمِذِيُّ وَاللَّفْظُ لَهُ وَابْنُ خُزَيْمَةَ وَصَحَّحَاه

Shafwan Ibnu Assal berkata: Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam pernah menyuruh kami jika kami sedang bepergian untuk tidak melepas sepatu kami selama tiga hari tiga malam lantaran buang air besar kencing dan tidur kecuali karena jinabat. (Dikeluarkan oleh Nasa’i Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah Lafadz menurut Tirmidzi Hadits shahih menurut Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah.)

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (Asdn) []

%d bloggers like this: