Thibbun Nabawi, MIRACLE — February 25, 2017 at 17:38

Tak Perlu Takut Makan Daging Kambing, Karena Daging Kambing Banyak Khasiatnya

by
Tak Perlu Takut Makan Daging Kambing, Karena Daging Kambing Banyak Khasiatnya

 

Siapa bilang makan daging itu tidak sehat, karena banyak orang menilai makan daging itu rentan dengan berbagai penyakit. Karena daging yang memiliki lemak selalu dikaitkan dengan penyakit-penyakit yang menjangkit bagi si-pemakannya seperti penyakit kolestrol.

Bahkan ada pula yang menjauhi makan daging, baik daging ayam, kambing atau daging sapi lantaran takut menjadi gemuk, apalagi dikalangan orang yang melakukan diet dan terkena darah tinggi. Makan daging, khususnya daging kambing merupakan hal yang harus dan “wajib” untuk dihindari.

Namun, berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (AS), mereka melaporkan adanya perubahan dalam teknis berternak dan memotong dalam industri daging khususnya daging kambing.

Sementara itu, besok, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Biasanya, hari raya ini diwarnai dengan ritual penyembelihan hewan qurban. Kambing menjadi hewan terfavorit untuk disembelih pada saat hari raya. Tak hanya karena harganya murah, daging kambing juga memberikan banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh.

  1. Pengontrol Berat Badan

Daging kambing memiliki lemak paling rendah dibanding daging sapi, babi dan ayam. Rendahnya lemak dalam daging kambing membantu Anda mengendalikan berat badan, sehingga menurunkan risiko obesitas yang memicu penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Dalam setiap 100 gram daging kambing mentah hanya memiliki 109 kalori dan 21 gram protein. Menurut penelitian Harvard School of Public Health, protein dalam daging kambing juga membantu menekan rasa lapar, sehingga Anda makan lebih sedikit.

  1. Mencegah Anemia

Daging kambing juga tinggi akan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting untuk mencegah anemia, yang menjadi ancaman bagi wanita subur. Seporsi daging kambing juga cukup membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh karena asupan kalium dari daging.

Bahkan, daging kambing menyediakan vitamin B12 yang amat penting untuk kesehatan sel darah merah dan niasin (vitamin B3).

  1. Bikin Jantung Sehat

Keunggulan lain dari daging kambing adalah hanya memiliki kurang dari 1 gram kolesterol dalam setiap 100 gram daging. Daging kambing merupakan pilihan terbaik untuk disantap dalam bentuk steak, burger atau lainnya.

Beberapa ahli gizi berpendapat bahwa daging kambing dianggap paling baik dikonsumsi dan cocok sebagai pilihan bagi orang yang sedang berdiet, karena derajat kesamaannya hampir mendekati PH tubuh manusia sehingga tubuh sangat mudah menyesuaikan diri.

Soo, apakah dengan penjelasan diatas masih ada masyarakat, dan khususnya kaum Muslimin yang takut untuk memakan daging kambing?? Sepertinya tidak yaa.. dengan banyaknya khasiat dari daging kambing, tentunya kita akan lebih sering dan rutin mengkonsumsi daging kambing, minimal yaa seminggu sekali.


Sumber: http://www.panjimas.com/ragam/2014/10/03/tak-perlu-takut-makan-daging-kambing-karena-daging-kambing-banyak-khasiatnya/