Ibadah, FIQIH — March 30, 2018 at 22:56

Sudah Tahukah Anda tentang Macam dari Syarat-syarat Shalat (3)

by
Sudah Tahukah Anda tentang Macam dari Syarat-syarat Shalat (3)

Shalat adalah merupakan sebuah syari’at yang sangat penting dalam agama Islam. Yakni, karena shalat merupakan dari tiang agama dan juga merupakan rukun Islam yang kedua. Islamkafah.com – Memahami perkara shalat adalah wajib hukumnya bagi kaum muslimin. Karena, jahil dalam bab shalat merupakan maksiat dan merupakan hal yang tercela.

Hal ini dikarenakan shalat merupakan hal yang wajib untuk kita lakukan, minamal dalam satu hari adalah lima waktu shalat. Seperti Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya, dan Shubuh. Adapaun shalat-shalat sunnah hukumnya adalah mustahab atau dianjurkan.

Akan tetapi tata cara dalam shalat dan syarat-syarat shalat adalah terikat kepada hampir semua jenis shalat baik itu wajib atau sunnah, kecuali dalam bab-bab shalat sunnah yang “sedikit” ada tambahan perbedaan seperti ketika shalat jenasah, dan shalat dua hari raya ‘ied.

Berikut kami akan membawakan beberapa dalil tentang bab ini agar menjadi pelajaran dan ilmu buat kita. Hal ini kami akan membuatnya dalam beberapa seri materi agar lebih mudah untuk dipahami.

   َوَعَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لَهُ ( إِنْ كَانَ اَلثَّوْبُ وَاسِعًا فَالْتَحِفْ بِهِ )  – يَعْنِي فِي اَلصَّلَاةِ – وَلِمُسْلِمٍ ( فَخَالِفْ بَيْنَ طَرَفَيْهِ – وَإِنْ كَانَ ضَيِّقًا فَاتَّزِرْ بِهِ  ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Jabir Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda kepadanya: Apabila kain itu lebar maka berkudunglah dengannya -yakni dalam sholat.- Menurut riwayat Muslim: Maka selempangkanlah di antara dua ujungnya dan apabila sempit maka bersarunglah dengannya. Muttafaq Alaihi.

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (Adsn) []

Tags
%d bloggers like this: