KAJIAN, Hikmah — September 25, 2020 at 07:40

Solusi Mendapatkan Kemudahan dan Rejeki saat Pandemi Covid-19

by
Solusi Mendapatkan Kemudahan dan Rejeki saat Pandemi Covid-19

Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah akan bukakan jalan keluar baginya, dan akan memberikan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka…

Islamkafah.com – Saat ini kita sedang berada di masa pandemi yang melanda seluruh dunia, bukan hanya berdampak masalah kesehatan saja tapi juga berdampak pada masalah ekonomi dan sosial masyarakat kita.

Akibat dari keadaan ini banyak sekali orang yang merasa kebingungan dan merasakan susahnya untuk mencari rejeki, karena sektor ekonomi menjadi terhambat akibat adanya pandemi ini.

Alhamdulillah kita sebagai orang yang beriman dijanjikan solusi untuk masalah ini dari Allah azza wa jalla sang pencipta yang paling mengerti tentang makhluknya.

Allah berfirman dalam surat Ath Thalaq ayat 2-3 yang artinya:

Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah akan bukakan jalan keluar baginya, dan akan memberikan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka, dan barang siapa bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan memberikan kecukupan terhadap dirinya.

Dalam ayat tersebut rumus untuk mendapatkan kemudahan dan rezeki yang datang dari arah yang tak disangka-sangka yaitu dengan taqwa

Maksudnya adalah menjauhi dosa memperbanyak pahala, langkah yang pertama adalah menjauhi dosa terlebih dahulu secara keseluruhan baru memperbanyak pahala.

Usahakan dalam sehari kita tidak melakukan dosa baik dosa besar atau dosa kecil, meskipun kita belum memperbanyak pahala, karena dosa merupakan penghalang utama datangnya keberkahan dan rahmat Allah.

Sementara memperbanyak pahala percepatan datangnya keberkahan dan rahmat Allah, oleh karena itu penghalang itu semua perlu disingkirkan barulah kita mempercepat datangnya rahmat dan keberkahan dengan cara memperbanyak pahala.

Jangan kita terbalik memperbanyak pahala tapi dosa terus jalan, karena itu tetap tidak akan membuat rejeki akan datang dengan mudah.

Dan jika kita bertawakal kepada Allah maka Allah akan memberikan kecukupan pada kita dalam segala urusan.

Wallahu A’lam (AN)