KAJIAN, Hikmah — March 19, 2018 at 21:25

Sesungguhnya Perbuatan Keji dan Mungar Bisa Dicegah dengan Shalat yang Benar dan Khusyu’

by
Sesungguhnya Perbuatan Keji dan Mungar Bisa Dicegah dengan Shalat yang Benar dan Khusyu’

Inilah akibat baik yang ditimbulkan jika kita melakukan shalat dengan baik, khusyu’, dan juga benar sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam

 

Islamkafah.com – Jika shalat kita benar, tentu shalat kita pastilah akan bermanfaat besar untuk kehidupan kita. Sehingga kita tidak hanya sedekar “menjelankan” atau “menggugurkan” kewajiban saja. Namun, hal itu pastila menjadi kebutuhan pokok kita, karena bertemu dengan Rabb-Nya adalah kebutuhan dasar manusia.

Selain dari pada itu, dalam Al-Qur’anul karim telah disebutkan bahwa sesungguhnya shalat itu akan mencegah kita sebagai seorang muslim untuk melakukan perbuatan yang keji dan munkar. Hal ini disebutkan dalam firman Allah dibawah ini:

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-‘Ankabut: 45).

Dalam ayat ini, jelas sekali bahwa Allah telah benar-benar memberikan keterangan perihal shalat seorang hamba yang dilakukan dengan benar serta memahami hakikat tersebut, tentunya akan membuat kita semakin dekat dengan Allah dan juga menjauhi semua perbuatan maksiat.

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (Adsn) []

%d bloggers like this: