KAJIAN, Hikmah — February 13, 2018 at 23:46

Sesungguhnya Obat yang Mengandung Alkohol Sejatinya Bukanlah Obat, Akan tetapi Penyakit!

by
Sesungguhnya Obat yang Mengandung Alkohol Sejatinya Bukanlah Obat, Akan tetapi Penyakit!

Sebagai seorang muslim, hendaknya berobat dengan sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam…..

 

Islamkafah.com – Dipasaran obat-obatan baik yang dijual bebas atau menggunakan resep kita dapati bahwa komposisi pembuatan obat tersebut kebanyakan adalah mengandung bahan-bahan yang diharamkan dalam agama Islam.

Misal saja dalam sebuah obat mengandung salah satu diantara dzat babi, atau mengandung dzat dari manusia, atau pula dari bangkai dan juga bahan-bahan yang memabukkan seperti pula khamer/alkohol, dan juga narkotika/narkoba.

Akan tetapi, karena kebanyakan manusia itu adalah sangat jahil terhadap hakikat ini, mereka akhirnya tidak mau mengambil pusing dan cenderung pasrah dengan dokter yang ia percayai, meskipun si dokter memberikan obat-obatan yang bertentangan dengan agama Islam yang mulia ini.

Perhatikanlah hadits dibawah ini:

   َوَعَنْ وَائِلٍ اَلْحَضْرَمِيِّ; أَنَّ طَارِقَ بْنَ سُوَيْدٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا ( سَأَلَ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَنْ اَلْخَمْرِ يَصْنَعُهَا لِلدَّوَاءِ? فَقَالَ: إِنَّهَا لَيْسَتْ بِدَوَاءٍ, وَلَكِنَّهَا دَاءٌ )  أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ وَأَبُو دَاوُدَ وَغَيْرُهُمَ

Dari Wail al-Hadlramy bahwa Thariq Ibnu Suwaid Radliyallaahu ‘anhu bertanya kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam tentang arak yang dijadikan obat. Beliau bersabda: “Sesungguhnya ia bukanlah obat, namun ia penyakit.” (Riwayat Muslim, Abu Dawud dan lain-lain.)

Dalam hadits diatas diterangkan bahwa obat yang diramu menggunakan khamer, maka sejatinya ia adalah bukan obat akan tetapi adalah penyakit yang mustti dijauhi.

Barakallahu fiikum. (raf) []

%d bloggers like this: