KAJIAN, Hikmah — February 15, 2018 at 23:49

Sesungguhnya Air Laut adalah Suci dan Mensucikan, Serta Bangkai Binatangnya Adalah Halal

by
Sesungguhnya Air Laut adalah Suci dan Mensucikan, Serta Bangkai Binatangnya Adalah Halal

Mungkin sebagian dari kita masih ada yang masih bingung akan mengkonsumsi binatang laut apakah halal atau haram?

 

Islamkafah.comKeharaman mengkonsumsi binatang yang sudah mati (Bangkai) memang telah nyata adanya dalam kitabullah dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam. Sehingga sebagai seorang muslim kita tidak boleh mengkonsumi binatang yang memang sudah mati (Bangkai.)

Akan tetapi telah ada pengecualian khusus teruntuk bangkai binatang laut. Karena, sejatinya hewan laut semuanya adalah halal baik masih hidup atau pun sudah menjadi bangkai. Hal ini dikarenakan sesungguhnya air laut itu hukumnya adalah suci dan mensucikan.

Hal ini sebagaimana hadits shahih berikut:

   عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْبَحْرِ هُوَ الطَّهُورُ مَاؤُهُ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ أَخْرَجَهُ الْأَرْبَعَةُ وَابْنُ أَبِي شَيْبَةَ  وَاللَّفْظُ لَهُ وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ وَالتِّرْمِذِيُّ وَرَوَاهُ مَالِكٌ وَالشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda tentang (air) laut. “Laut itu airnya suci dan mensucikan, bangkainya pun halal.” (Dikeluarkan oleh Imam Empat dan Ibnu Syaibah. Lafadh hadits menurut riwayat Ibnu Syaibah dan dianggap shohih oleh oleh Ibnu Khuzaimah dan Tirmidzi. Malik, Syafi’i dan Ahmad juga meriwayatkannya.)

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (Asdn) []

%d bloggers like this: