Ibadah, FIQIH — March 21, 2018 at 11:39

Seorang Muslim Sebaiknya Tidak Memelihara Anjing karena Akan Merugikan Dirinya

by
Anjing paling berbahaya

Mungkin ada sebagian yang bertanya akan dalil permasalahan ini…

 

Islamkafah.com ­- Anjing adalah hewan yang najis. Namun, syari’at telah mengizinkan seorang muslim untuk memelihara anjing dengan berbagai tujuan yang dibolehkan. Yakni untuk berburu, penjaga ternak, dan juga penjaga tanaman.

Sedangkan apabila tidak sesuai dengan tujuan tersebut, maka hukumnya haram karena akan mengurangi pahala mereka yang memeliharanya, waiyyadubillahi.

Dalilnya adalah sebagaimana hadits shahih dibawah ini:

   َعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( مَنِ اتَّخَذَ كَلْباً, إِلَّا كَلْبَ مَاشِيَةٍ, أَوْ صَيْدٍ, أَوْ زَرْعٍ, اِنْتَقَصَ مِنْ أَجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Barangsiapa memelihara anjing -kecuali anjing penjaga ternak, anjing pemburu, atau anjing penjaga tanaman- pahalanya akan dikurangi satu qirath setiap hari.” (Muttafaq Alaihi.)

Maka dengan membaca hadits ini, kami simpulkan bahwa seorang muslim sebaiknya menghindari dari memelihara anjing kecuali dengan sebab-sebab yang dibolehkan dalam syari’at Islam.

Wallahu A’lam. (raf) []