Internasional, NEWS — July 24, 2020 at 05:47

Senjata Makan Tuan, Warganya Terpapar Radiasi Sistem Pertahanan Udara Israel

by
Senjata Makan Tuan, Warganya Terpapar Radiasi Sistem Pertahanan Udara Israel

Para petani melayangkan tuntutan kroada tentara Israel karena terpapar radiasi dari Iron Dome milik Israel..

NEGEV, ISRAEL (ISLAMKAFAH.COM) – Alih-alih melindungi warganya dari serangan roket para pejuang Palestina sistem pertahanan Iron Dome milik Israel malah mengakibatkan radiasi yang sangat kuat kepada petani disekitar alat tersebut.

Tidak ada pemberitahuan sebelumnya kepada warganya mengenai adanya radiasi yang sangat kuat yang dipancarkan oleh Iron Dome milik Israel tersebut.

Para petani di Negev secara tidak sengaja terpapar radiasi yang sangat kuat selama enam tahun dan mata pencaharian mereka terganggu. Mereka menuntut kompensasi sekitar USD1,3 juta seperti dikutip sindonews.com (23/07/2020)

Gugatan yang diajukan menyatakan bahwa militer Israel memasang sistem Iron Dome, yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat (AS), di ladang milik warga yang tidak disebutkan namanya pada 2012 tanpa memberitahu warga tentang bahaya yang ditimbulkannya bagi kesehatan mereka.

Walhasil bukan menyelamatkan warganya justru membuat warganya terpapar radiasi yang sangat kuat dari sistem pertahanan Iron Dome tersebut.

Para petani juga tidak pernah mendapatkan kompensasi atas kerusakan di wilayah mereka dan dilarang bercocok tanam di daerah di mana sistem rudal itu dipasang. (Abd.N)