AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Aqidah — January 17, 2018 at 15:39

Segala yang Terjadi Adalah Atas Kehendak, Ketetapan, dan Izin-Nya

by
Segala yang Terjadi Adalah Atas Kehendak, Ketetapan, dan Izin-Nya

Semua yang terjadi di muka bumi ini adalah sudah tergariskan dan dengan atas izin Allah azza wa jalla. Bahkan, daun yang gugur pun tidak akan jatuh kecuali atas izin Allah Ta’ala…

Islamkafah.com – Begitu juga dengan penyakit yang diderita oleh manusia. Banyak mereka mengklaim sebuah penyakit itu menular dan menisbatkan tertularnya penyakit itu pada virus yang menularinya. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan Aqidah Islamiyyah kita yang mewajibkan kita untuk mengambalikan segala sesuatunya kepada Sang Khaliq, Allah Azza wa jalla.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ عَدْوَى ، وَلاَ طِيَرَةَ ، وَلاَ هَامَةَ ، وَلاَ صَفَرَ

Tidak dibenarkan menganggap penyakit menular dengan sendirinya (tanpa ketentuan Allah), tidak dibenarkan beranggapan sial, tidak dibenarkan pula beranggapan nasib malang karena tempat, juga tidak dibenarkan beranggapan sial di bulan Shafar.” (HR. Bukhari, no. 5757 dan Muslim, no. 2220.)

Hadits shahih diatas adalah bentuk hadits yang menjelaskan pentingnya mengembalikan semuanya kepada takdir Allah azza wa jalla dan tidak boleh mengembalikan segala sesuatu kepada selain dari pada-Nya.

Barakallahu fiikum. (Asdn) []

Tags
%d bloggers like this: