TANYA-JAWAB, FIQH — July 13, 2019 at 08:59

Qurban Satu Ekor Kambing atau Sapi untuk Tujuh Orang, Mana yang Utama?

by
Qurban Satu Ekor Kambing atau Sapi untuk Tujuh Orang, Mana yang Utama?

Berqurban kambing atau sapi untuk 7 orang? Diantara keduanya terdapat kelebihan dan kekurangan, tapi mana yang paling utama?…

Islamkafah.com Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijjah dimana pada bulan ini terdapat satu ibadah yang berkaitan dengan hewan, yaitu ibadah qurban pada hari raya Iedul Adha dan hari tasyrik.

Sering kita jumpai ada yang berkurban menggunakan kambing, domba, sapi atau kerbau, seperti telah kita ketahui bahwa qurban sapi, kerbau atau unta bisa untuk 7 orang, sementara kambing hanya untuk satu orang saja.

Jika kita berqurban kambing atau domba maka yang terlintas di benak kita adalah jumlah daging yang sedikit sehingga akan membuat jatah pembagian daging qurban menjadi sedikit, namun jika kita berqurban dengan sapi atau kerbau maka yang terlintas dalam benak kita adalah banyaknya jumlah daging yang akan dibagikan kepada penerima.

Namun dari segi Fadilah atau keutamaan ternyata yang lebih utama di sisi Allah adalah bukan yang paling banyak daging qurban tetapi satu hewan qurban untuk satu pengkurban.

Sapi memang lebih berdaging… namun tujuan utama qurban bukan untuk mencari daging, tapi untuk mencari taqwa kepada Allah…

Allah berfirman:

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS. al-Hajj: 37)

Berqurban dengan seekor kambing, lebih afdhal dibandingkan ikut urunan onta atau sapi bersama 7 orang. Karena qurban seekor kambing berarti menumpahkan  darah (menyembelih) sendirian. (al-Muhadzab, 1/433).

Lebih bagus lagi jika mampu berqurban sapi untuk sendiri, ini lebih utama karena mampu untuk melakukan qurban sapi sendiri.

Wallahu A’lam (Abd.N)

%d bloggers like this: