Tafsir Quran, KAJIAN, Hikmah — September 12, 2018 at 09:49

Perumpamaan Orang yang Mencari Pelindung Selain Allah seperti Rumah Laba-Laba yang Lemah

by
Perumpamaan Orang yang Mencari Pelindung Selain Allah seperti Rumah Laba-Laba yang Lemah

Kita dilarang mengambil selain Allah sebagai pelindung kita, karena sesungguhnya segala kekuatan hanyalah milik Allah dan tentunya Allah adalah sebaik pelindung bagi kita…

Islamkafah.com – Sebagai umat muslim kita memiliki pelindung yang paling hebat yaitu Allah azza wa jalla yang menciptakan alam semesta ini beserta seluruh isinya, yang menciptakan keselarasan dan keseimbangan yang luar biasa, dan jika ada yang mengambil pelindung selan Allah maka sesungguhnya ia telah tersesat ke jalan syaithan.

Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 257 :

اللَّهُ وَلِيُّ الَّذِينَ آمَنُوا يُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۖ وَالَّذِينَ كَفَرُوا أَوْلِيَاؤُهُمُ الطَّاغُوتُ يُخْرِجُونَهُمْ مِنَ النُّورِ إِلَى الظُّلُمَاتِ ۗ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

dan bagi siapa saja yang mengambil pelindung selain allah maka sesungguhnya ity hanyalah kesia-siaan saja karena tidak ada yang lebih baik perlindungannya selain perlindungan Allah, Allah memberikan perumpamaan bagi orang yang mengambil pelindung selain dari Allah seperti rumah laba-laba, yang tercantum dalam surat Al Ankabut ayat 41:

مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ الْعَنْكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنْكَبُوتِ ۖ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.

(Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah) yakni berhala-berhala yang mereka harapkan dapat memberi manfaat kepada diri mereka (adalah seperti laba-laba yang membuat rumah) untuk tempat tinggalnya. (Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah) yang paling rapuh (ialah rumah laba-laba) karena tidak dapat melindungi diri dari panas matahari dan dari dinginnya udara, demikian pula berhala-berhala itu, mereka tidak dapat memberikan manfaat apa pun kepada para penyembahnya (kalau mereka mengetahui) hal tersebut, tentu mereka tidak akan menyembahnya.(Tafsir Jalalain)

Keadaan orang-orang yang mendustakan dan tunduk kepada selain Allah–dalam hal kelemahan dan ketergantungan mereka kepada yang tidak dapat dijadikan sebagai tempat bergantung–adalah bagaikan laba-laba yang menjadikan rumahnya sebagai tempat berlindung. Rumahnya adalah rumah yang paling lemah dan sama sekali tidak layak untuk dijadikan sebagai tempat berlindung. Kalau seandainya orang-orang yang mendustakan adalah orang-orang yang berilmu, niscaya mereka tidak akan melakukannya. Sarang laba-laba yang dijadikan sebagai tempat tinggal dan perangkap untuk menangkap mangsanya, memang pembuatannya sangat rumit, karena terbuat dari benang-benang yang sangat halus yang melebihi halusnya sutera. Kehalusan sarang laba-laba inilah yang membuat susunannya menjadi rumah paling lemah yang dijadikan tempat berlindung oleh hewan apa pun.

Ketahulah bahwa sesunggahnya para penolong selain Allah tidak memiliki kekuatan apa-apa, tidak dapat memberikan manfaat dan madharat, melainkan akan membawa pada siksa api neraka.

Kita sebagai orang beriman wajib menggantungkan segala sesuatu apapun pada Allah karena Allah yang memelihara kita dan hanya kepada Allah kita bergantung, jika kita mengalami problematika dalam kehidupan maka kembalikan itu semua pada Allah karena Allah adalah pelindung dan tempat kita bergantung. (Abd.N)

%d bloggers like this: