Tafsir Quran — December 18, 2019 at 17:23

Penyesalan Orang Kafir ketika Berada di Akhirat

by
Penyesalan Orang Kafir ketika Berada di Akhirat

 

Akhirat merupakan tempat penyesalan bagi orang-orang yang mendustakan Allah, karena penyesalannya mereka ingin dijadikan sebagai tanah kembali…

 

Islamkafah.com – Akhirat akan menjadi tempat penyesalan terbesar bagi umat Manusia, terutama orang kafir karena takutnya terhadap siksaan akibat perbuatan mereka saat di dunia, mereka berkhayal agar dijadikan sebagai tanah kembali.

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

وَيَقُولُ الْكَافِرُ يَا لَيْتَنِي كُنْتُ تُرَابًا

dan orang kafir berkata, “Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah.” (An-Naba: 40)

Orang kafir di hari itu berkhayal seandainya dirinya sewaktu di dunia berupa tanah dan bukan makhluk serta tidak dikeluarkan ke alam wujud. Demikian itu terjadi ketika dia menyaksikan azab Allah terpampang di hadapannya dan ia melihat semua amal perbuatannya yang telah dicatat oleh para malaikat juru tulis amal perbuatan, yang semuanya mulia lagi bertakwa. Semua amal perbuatannya penuh dengan kerusakan dan dosa-dosa.

Menurut pendapat lain, sesungguhnya orang kafir itu berkhayal demikian hanyalah setelah ia menyaksikan peradilan Allah Subhanahu wa Ta’ala saat menghukumi antara hewan-hewan terhadap kejadian-kejadian yang telah dilakukannya ketika di dunia dengan sesamanya. Maka Allah memutuskan perkara di antara mereka dengan hukum-Nya yang Maha-adil yang tidak aniaya, sehingga kambing yang tidak bertanduk disuruh membalas terhadap kambing yang bertanduk yang dahulu sewaktu di dunia pernah menanduknya. Apabila peradilan telah dilakukan terhadap mereka, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada mereka, “Jadilah kamu tanah!” Maka semuanya kembali menjadi tanah. Dan saat itulah orang kafir berkata, sebagaimana yang terdapat dalam firman-Nya: Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah. (An-Naba: 40)

Begitulah gambaran penyesalan orang kafir di akhirat kelak, selama masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri marilah kita jadikan dunia ini ladang pahala agar kita tidak menyesal di akhirat kelak.