AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Akhlaq — September 10, 2019 at 13:30

Penyebab Orang Memiliki Sifat Sombong

by
Penyebab Orang Memiliki Sifat Sombong

Rasulullah SAW bersabda : ” Tidak akan masuk Syorga orang yang ada di dalam dirinya seberat zarrah dari sifat sombong “

Islamkafah.com Rasulullah bersabda : ” Tidak akan masuk Syorga orang yang ada di dalam dirinya seberat zarrah dari sifat sombong “

Kita tahu bahwa ” Kebesaran,Al Kibriyaa, ” hanyalah milik Allah semata.Oleh sebab itu tak pantas kita memiliki sedikitpun rasa sombong di dalam jiwa sanubari kita. Kalau ada cepatlah buang jauh-jauh, jangan biarkan ia bersemayam di dalam diri kita.

Keluarnya Iblis dari Surga,adalah karena sifat sombongnya, merasa diri lebih mulia dari Adam, yang diciptakan dari tanah, sementara ia di ciptakan dari Api.

Hal-hal yang biasa disombongkan:

1. Harta

Harta yang melimpah dapat membuat seseorang menjadi sombong, merasa dapat membeli segalanya dengan harta yang dia miliki, padahal semua itu hanyalah titipan dari Allah dan hanya Allah yang maha kaya.

2. Jabatan

Jabatan dapat membuat seseorang menjadi sombong, dan menganggap rendah orang yang berada dibawahnya padahal kita sama dimata Allah, yang membuat mulia hanyalah ketaqwaan kita.

3. Ilmu

Ilmu juga dapat merubah seseorang menjadi sombong, orang yang menyombongkan ilmunya akan menganggap remeh orang lain yang tidak memiliki ilmu atau yang ilmunya sedikit dibawahnya, biasanya orang yang sombong dengan ilmunya ialah orang yang ilmunya masih sedikit, bebeda dengan orang yang ilmunya sudah tinggi biasanya mereka akan lebih merendah seperti ilmu padi.

4. Ibadah

Orang yang sombong dengan ibadahnya ini yang paling berbahaya, selain menghilangkan nilai pahala yang dimiliki dia juga akan dijerumuskan oleh Allah ke dalam api neraka, merasa diri paling mulia sementara yang lain dianggap ahli neraka, namun sesungguhnya dialah yang akan dimasukkan kedalam neraka oleh Allah. Naudzubillah

Wallahu ‘Alam (Abd.N)

%d bloggers like this: