AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Akhlaq — March 12, 2018 at 19:35

Penting Diingat, Inilah Enam Hak Seorang Muslim, Atas Muslim yang Lainnya!

by
Penting Diingat, Inilah Enam Hak Seorang Muslim, Atas Muslim yang Lainnya!

Sesungguhnya, seorang muslim memiliki hak atas saudara muslim lainnya. Dan, ini tidaklah boleh dilupakan oleh mereka yang mengaku muslim…

 

Islamkafah.com – Dewasa ini, tidak sedikit dikalangan masyarakat terutama yang mengaku dirinya muslim yang tidak berusaha menjaga ukhuwah Islamiyyah dengan saudara muslim yang lain.

Hal ini dibuktikan dengan krisis ukhuwah yang begitu banyak terlihat perenggangan diantara sesama manusia muslim dengan saudaranya. Contohnya, apabila ia saling bertemu tidak saling menyapa dan memberi salam. Dan, apabila diberi salam, malah yang lain mengacuhkan serta tidak menjawab salamnya.

Ini adalah sebuah kekeliruan yang besar, serta musti diperbaiki dengan kembali kepada manhaj Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam. Mari kita perhatikan hadits dibawah ini:

   َعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)”. (Riwayat Muslim.)

Semoga dengan kembali kepada manhaj dan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam akan membuat kita menjadi cerdas dan menjadi pribadi-pribadi muslim yang kuat, kokoh iman dan tauhidnya, serta dicintai oleh Allah azza wa jalla.

Barakallahu fiikum. (aus) []

%d bloggers like this: