Tafsir Hadits, Tafsir Quran, KAJIAN — June 26, 2020 at 14:00

Pengertian Akhir Zaman Beserta Tanda dan Kejadiannya di Masa Kini

by
Pengertian Akhir Zaman Beserta Tanda dan Kejadiannya di Masa Kini

 

Kita sering mendengar kata akhir zaman, lalu apa itu akhir zaman?

Akhir zaman adalah hari kiamat yaitu hari dimana Allah ‘azza wajalla bangkitkan seluruh manusia untuk dihisab dan dibalas seluruh amalannya.

Hari kiamat memiliki nama-nama yang disebutkan dalam al-Qur’an, diantaranya yaumud din, al-Qari’ah, al-Ghasyiyah, ath-thommah dan masih banyak lagi. Salah satu nama yang paling terkenal adalah yaumul qiyamah yang diambil dari kata قِيَامٌ   yang artinya berdiri, hal itu karena semua manusia akan berdiri di padang mahsyar pada hari kiamat.

AKHIR ZAMAN MENURUT ISLAM

Akhir zaman atau hari kiamat itu ada dan pasti terjadi sebagaimana telah disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam. Lalu kapan terjadinya? Hanya Allah yang Maha Mengetahuinya karena ini adalah perkara yang gaib, tidak ada seorang manusia bahkan seorang Rosul yang mulia ‘alaihis sholatu wassalam mengetahui perkara yang gaib dan kapan terjadinya hari kiamat, Allah ta’ala berfirman dalam surat al-A’raf ayat 187

 يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya : “mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, “kapan terjadi?” katakanlah, “sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada seorangpun yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru haranya bagi makhluk) yang dilangit dan dibumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “sesungguhnya pengetahuan tentang (hari kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya””

Dan disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa Rosulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah didatangi oleh malaikat Jibril yang berwujud seperti orang badui, lalu dia bertanya kepada rosul tentang kapan terjadinya hari kiamat, maka Rosulullah menjawab

مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ

Artinya : “Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya”

Dari dua dalil ini menunjukkan bahwa tidak seorangpun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, meskipun sampai ada yang membuat metodologi dengan mencocokkan keadaan yang satu dengan yang lainnya sehingga diambil kesimpulan bahwa hari kiamat akan terjadi pada tanggal sekian, maka ini adalah suatu kedustaan dan sudah dipastikan prediksinya tentang hari kiamat meleset dan tidak terjadi, karena Allah sudah katakan pada ayat diatas

قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

artinya : “Katakanlah (Muhammad), “sesungguhnya pengetahuan tentang (hari kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya””

Lalu ketika hari kiamat itu tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah, apakah ada tanda-tandanya yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits Rosulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

Tidaklah hari kiamat itu terjadi kecuali akan muncul tanda-tandanya, sebagaimana disebutkan dalam hadits Hudzaifah bin Asid Al-ghifary

اِطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلى الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ: مَا تَذَاكَرُونَ؟ قَالُوا: نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ: إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آياتٍ، فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّة وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مِغْرِبِهَا، وَنُزُولَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ، وَيَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالمَشْرِقِ، وَخَسْفٌ بِالمَغْرِبِ، وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ، وآخِرُ ذلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنَ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إلَى مَحْشَرِهِمْ

Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’
Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’
Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’
Rasulullah menyebut dukhon (asap), Dajjal, ad-dābbah (binatang yang keluar dari perut bumi), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam ‘alaihis salam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka.
(H.R Muslim, Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Inilah sepuluh tanda-tanda hari kiamat kubro (besar) yang disebutkan dalam hadits diatas, jika tanda-tanda ini muncul maka sebentar lagi hari kiamat akan datang.

Akhir zaman atau hari kiamat memang belum datang dan belum juga muncul tanda-tandanya, akan tetapi fitnah akhir zaman sudah ada dan banyak sekali di zaman sekarang ini, dan fitnah yang dimaksud disini adalah ujian-ujian.

Diantara fitnah-fitnah itu adalah fitnah harta. Kenapa harta termasuk fitnah atau ujian?
Karena seseorang akan sibuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya sehingga kesibukan ini melalaikan seseorang dari beribadah kepada Allah ‘azza wajalla, Rosulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda

إنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً، وَفِتْنَةُ أُمَّتِي المَالُ

Artinya : “sesungguhnya masing-masing umat itu ada fitnanya, dan fitnah bagi umatku adalah harta.”
(H.R. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Diantara fitnah lainnya yang sangat mengkhawatirkan pada zaman ini adalah fitnah wanita, dimana sebagian wanita di zaman ini berpakaian tapi seakan-akan tidak berpakaian atau bahkan mereka mempertontonkan auratnya didepan umum hanya karena ingin mendapatkan keuntungan yang sebenarnya kecil dibandingkan pengorbanannya yang sangat besar yaitu dengan mengorbankan agama dan jiwanya, na’udzubillah min dzalik.

Disaat fitnah akhir zaman sudah ada dan banyak sekali, apakah sudah muncul contoh kejadian tanda akhir zaman disaat ini.

CONTOH KEJADIAN TANDA AKHIR ZAMAN SAAT INI

Para ulama membagi tanda akhir zaman atau hari kiamat menjadi tiga, tanda yang telah berlalu, tanda yang selalu muncul dan tanda yang akan datang mendekati terjadinya kiamat besar, maka kejadian tanda akhir zaman saat ini dikategorikan tanda yang selalu muncul.

Diantara contoh kejadiannya adalah menyerahkan amanah kepada yang bukan ahlinya, munculnya para pendusta yang mengaku nabi, munculnya wanita-wanita yang berpakaian tapi hakikatnya telanjang, merebaknya perzinaan, dihalalkannya sutra, alat musik dan minuman keras.

inilah pembahasan mengenai akhir zaman, maka sudah sepatutnya kita mempersiapkan diri berupa bekal iman dan amal sholih dan kita berdoa kepada Allah subhanahu wata’ala agar senantiasa diberikan taufiq dan hidayahNya dan Allah menyelamatkan kita dari api neraka dan memasukkan kedalam surgaNya. Allahumma Aamin.

 


Referensi: https://bimbinganislam.com/pengertian-akhir-zaman-beserta-tanda-dan-kejadiannya-di-masa-kini/