KAJIAN, Hikmah — May 21, 2018 at 11:43

“Pengalihan Isu” Strategi Melupakan Tujuan Utama Umat Manusia

by
“Pengalihan Isu” Strategi Melupakan Tujuan Utama Umat Manusia

Syetan akan menggoda manusia dengan berbagai cara dan upaya, salah satunya adalah dengan cara melupakan tujuan hidup umat manusia yaitu akhirat, syetan akan mengaihkan tujuan tersebut dengan dunia…

 

Islamkafah.comPengalihan isu merupakan sebuah cara untuk melupakan atau melenyapkan tujuan dari masyarakat banyak, yang awalnya memiliki sebuah tekad dan niat yang kuat  tiba-tiba berubah menjadi berbalik atau melenceng karena pengaruh sebuah isu yang kuat.

Hal ini biasa digunakan untuk memobilisasi massa dalam jumlah yang sangat banyak untuk beralih pada hal yang lain dengan menggunakan sebuah media, baik media cetak, televisi, media social ataupun media yang lainnya yang dapat memberikan informasi pada masyarakat luas.

Strategi ini juga sebetulnya digunakan oleh syetan dalam menyesatkan manusia dari jalan Allah, tujuan utama manusia diciptakan adalah untuk beribadah pada Allah ‘azza wa jalla, seperti tercantum dalam surat Adz Dzariyat ayat 56:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Namun karena syetan memiliki tugas untuk menggoda manusia maka strategi ini digunakan agar manusia lupa dengan tujuan semulanya, yaitu beribadah pada Allah. Syetan mengalihkan tujuan utama manusia dengan dunia, sejatinya manusia beribadah adalah untuk perbekalan menuju akhirat yang kekal abadi.

Manusia yang taat beribadah pasti akan mendapatkan balasan berupa kenikmatan yang kekal yaitu surga. Dan itulah tujuan utama manusia agar kembali ke kampung halamannya yaitu surga, sementara syetan yang dipimpin Iblis menginginkan agar manusia menjadi shabatnya di neraka.

Selain beribadah pada Allah tujuan yang lain adalah Allah ingin melihat dan menilai hambanya di dunia melalui amal yang baik seperti tercantum dalam surat Al Mulk ayat 2:

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,

Keberadaan syetan yang membutuhakn teman di neraka membuat mereka berusaha sekuat tenaga menggoda manusia dengan berusaha melupakan tujuan utama manusia.

Langkah setan yang paling utama adalah memalingkan umat manusia dari akhirat menuju dunia yang fana, ada yang dialihkan dengan harta, tahta, wanita, bahkan keluarga, hal ini dilakukan oleh syetan agar kita tersesat dan lupa pada tujuan kita di dunia ini.

Oleh kerena itu hendaknya kita selalu mengingat tujuan hidup kita dan jangan mau dialihkan terhadap dunia karena sejatinya itu adalah godaan syetan, bagaimanapun juga syetan akan berusaha mengalihkan tujuan kita dan kita harus selalu siap menghalau isu atau godaan yang dapan melupakan kita dari Allah (Abd.N)