Internasional, NEWS — May 20, 2019 at 09:34

Pemerintah Austria Resmi Larang Penggunaan Jilbab di Sekolah Dasar

by
Pemerintah Austria Resmi Larang Penggunaan Jilbab di Sekolah Dasar

Pemerintah Austria resmikan aturan larangan berjilbab bagi anak sekolah dasar dengan dalih muslimah yang belum baligh tidak wajib berjilbab…

WINA, AUSTRIA (ISLAMKAFAH.COM) – Pemerintah Austria melalui parlemennya telah mengesahkan undang-undang tentang larangan penggunaan jilbab bagi muslimah di sekolah dasar.

Larangan ini mendapat dukungan dari berbagai partai, partai pemerintah yang berhaluan kanan tengah, Partai Rakyat (OVP), dan partai sayap kanan Partai Kebebasan (FPO). Sementara hampir semua oposisi memberikan suara menentangnya.

Undang-undang ini tentu akan membuat kontrofersi, untuk menghindari kesan bahwa undang-undang itu menargetkan kelompok Muslim, teks undang-undang itu berbunyi pakaian yang dipengaruhi secara ideologis atau agama yang dikaitkan dengan penutup kepala.

Namun penutup kepala bagi laki-laki diperbolehkan dengan alasan tidak menutupi seluruh rambut, seperti penggunaan penutup kepala bagi agama Sikh dan yarmulke Yahudi.

Pengecualian juga dibuat untuk penutup kepala dengan alasan medis atau perlindungan terhadap hujan atau salju seperti dikutip dari sindonews.com (17/5/2019).

Undang-undang ini jelas menunjukkan diskriminasi terhadap perempuan muslimah, meskipun belum usia baligh pembiasaan penggunaan jilbab telah dimulai sejak usia sekolah dasar, dan masa baligh rata-rata terjadi pada usia 10-12 tahun, yang mana ini adalah usia sekolah dasar.

Pengecualian untuk alasan medis mereka perbolehkan namun untuk alasan menghargai agama orang lain mereka abaikan, melaksanakan perintah agama merupakan hak asasi manusia, jadi jelas bahwa undang-undang ini diskriminatif terhadap perempuan muslimah. (Abd.N)

%d bloggers like this: