AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Aqidah — May 23, 2018 at 21:10

Munafiq Merupakan Penyakit Hati yang Lebih Buruk dari Syirik

by
Munafiq Merupakan Penyakit Hati yang Lebih Buruk dari Syirik

Munafiq merupaka suatu penyakit hati yang mana lebih buruk daripafa syirik, karena sejatinya kemunafikan merupakan sebuah kekufuran yang disembunyikan dengan berkedok muslim.

Islamkafah.com – Syirik adalah itikad ataupun perbuatan yang menyamakan sesuatu selain Allah dan disandarkan pada Allah dalam hal rububiyyah dan uluhiyyah. Umumnya, menyekutukan dalam Uluhiyyah Allah yaitu hal-hal yang merupakan kekhususan bagi Allah, seperti berdo’a kepada selain Allah, atau memalingkan suatu bentuk ibadah seperti menyembelih (kurban), bernadzar, berdo’a dan sebagainya kepada selainNya.

Dengan kata lain syirik itu menduakan Allah, dan sesunggunya Allah itu tidak ingin di duakan karena hanya Dialah yang paling berkuasa di alam semesta ini dan Allah yang telah menciptakannya. Syirik itu percaya pada Allah namun juga percaya pada yang lain selain Allah, seperti percaya pada benda pusaka  yang dapat membawa manfaat dan madharat.

Namun berbeda dengan syirik, munafiq merupakan sebuah kebohongan tidak ada sedikipun percaya pada Allah atau lebih tepatnya adalah kafir, namun menutupinya dengan perbuatan seperti orang beriman. Seperti peribahasa serigala berbulu domba, luarnya domba tapi sejatinya adalah serigala. Luarnya islam tapi sejatinya adalah kafir.

Oleh karena itu orang munafiq mendapaktan tempat paling bawah di neraka yang mana tempat tersebut merupakan tempat paling panas seperti firman Allah:

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.(An Nisa : 145)

Sifat orang munafiq yang berbohong ini Allah abadikan dalam surat Al Baqrah ayat 8-20, ayat tersebut membahas khusus masalah orang munafiq yang sejatinya adalah kufur pada Allah dan berusaha menipu kaum mukminin dengan perbuatan mereka yang mencerminkan orang beriman namun hatinya kafir pada Allah.

Semoga kita terbebas dari sifat munafiq ini yang mana dapat membawa kita pada adzab yang pedih di neraka. (Abd.N)