KAJIAN, Hikmah — June 20, 2018 at 08:10

“Mudik Lebaran” Silaturahmi Serentak yang ada di Indonesia

by
“Mudik Lebaran” Silaturahmi Serentak yang ada di Indonesia

Mudik yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat menjelang Iedul Fitri merupakan tradisi yang sudah ada sejak lama dan menjadi ajang silaturahmi kepada keluarga…

Islamkafah.com – Setiap tahun masyarakat Indonesia memiliki tradisi silaturahmi yang unik saat lebaran yaitu tradisi Mudik Lebaran, yang mana mudik lebaran seperti sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat kita.

Mudik lebaran merupakan ajang silaturahmi keluarga sembari meminta maaf atas kesalahan yang pernah dilakukan, momen lebaran ini memang tepat untuk bersilaturahmi dan saling bermaafan.

Salah satu manfaat dari bersilaturahmi adalah dapat melapangkan rezeki dan memperpanjang umur seperti dalam sabda Nabi :

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. (Muttafaqun ‘alaih)

Namun jika tradisi mudik ini dianggap sebagai kewajiban maka akan memberatkan sebagian masyarakat yang tidak mampu, karena tidak ada kemampuan untuk mudik.

Masih banyak di masyarakat kita yang menganggap mudik merupakan kewajiban tahunan saat menyambut hari raya Iedul Fitri, bahkan selama 11 bulan ada yang sudag menabung untuk persiapan mudik lebaran.

Silaturahmi tidak harus pada saat hari raya Iedul Fitri saja, di hari yang lain pun bisa dan pahalanya pun tetap sama, semakin sering kita bersilaturahmi maka akan semakin besar pahala dan fadilah yang kita dapatkan.

Jika sekarang belum mampu untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman maka bisa diganti di hari yang lain.

Islam melarang kita mempersulit diri kita, islam menggendaki kita agar mudah melakukan ibadah.

يُريدُ الله بكُمُ اليُسْرَ وَلا يُريدُ بِكُمُ العُسْر

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS. Al-Baqarah; 185)

Masih banyak waktu bagi kita untuk bersilaturahmi jadi jika sekarang belum bisa bersilaturahmi maka jangan bersedih masih ada hari yang lainnya. (Abd.N)