KAJIAN, Hikmah — Thu 16 Jul 2020AD at 18:32

Menunda Amal Kebaikan karena Menanti Kesempatan Lebih Baik, Suatu Tanda Kebodohan yang Mempengaruhi Jiwa

by
Menunda Amal Kebaikan karena Menanti Kesempatan Lebih Baik, Suatu Tanda Kebodohan yang Mempengaruhi Jiwa
Menunda amal kebaikan karena menunggu waktu yang tepat termasuk dalam kategori kebodohan.

Islamkafah.com – Seorang manusia apabila terlalu disibukkan dengan urusan dunianya, yang bisa menghalangi amal yang menyebabkan dekat dengan Allah, sehingga dia menangguhkan amal menunggu kesempatan yang tidak sibuk itu dinamakan kebodohan.
Contohnya adalah menunda bersedekah pada hari Kamis karena menunggu hari Jum’at, yang mana hari Jum’at adalah hari yang baik untuk bersedekah, namun hal jni merupakan sebuah kebodohan karena menunda amal baik, belum tentu dia besok masih hidup dan bisa bersedekah.
Atau menunda shalat berjama’ah karena sedang sibuk bekerja dan melaksanakan shalat setelah selesai bekerja, padahal bisa saja ia menunda pekerjaan sebentar saja untuk melaksanakan shalat.
Oleh karena itu menunda perbuatan baik merupakan suatu kebodohan padahal pada saat itu ia mampu beramal baik dan malah menunndanya. Kebodohan itu disebabkan oleh beberapa hal yaitu:
1. Karena ia mengutamakan duniawi. Padahal Allah subhanahu wata’ala berfirman: “Padahal kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal” (QS. Al-A’la 87: Ayat 17)
2. Penundaan amal itu kepada masa yang ia sendiri tidak mengetahui apakah ia akan mendapatkan kesempatan itu atau kemungkinan ia akan dijemput oleh maut yang setiap saat selalu menantinya.

3. Kemungkinan azam, niat dan hasrat itu menjadi lemah dan berubah. Seorang penyair berkata: ‘’Janganlah menunda sampai besok, apa yang dapat engkau kerjakan hari ini. Waktu sangat berharga, maka jangan engkau habiskan kecuali untuk sesuatu yang berharga.

Maka hendaklah kita menyegerakan untuk beramal baik karena belum tentu nanti bkita mampu untuk melaksanakan amal tersebut, bisa jadi kita yang lebih dahulu dijemput malaikat maut sebelum beramal baik.(Abd.N)

%d bloggers like this: