Tafsir Hadits, KAJIAN, Hikmah — January 11, 2021 at 15:51

Menghindari Fitnah adalah Ciri Seorang Mukmin

by
Menghindari Fitnah adalah Ciri Seorang Mukmin

Menghindari fitnah yang terjadi demi mempertahankan agama dengan cara mengasingkan diri merupakan ciri dari seorang mukmin…

Islamkafah.com – Saat ini umat Islam sedang berada di zaman yang penuh fitnah, zaman yang sangat kacau bahkan umat Islam sedang berada dibawah penjajahan orang munafiq dan orang kafir.

Demi mempertahankan agama dan kemurnian agama Islam, banyak dari kalangan kaum muslimin yang pergi meninggalkan rumah mereka menuju tempat yang terpencil, mengasingkan diri dari fitnah yang dapat merusak agamanya, nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

َ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوشِكُ أَنْ يَكُونَ خَيْرَ مَالِ الْمُسْلِمِ غَنَمٌ يَتْبَعُ بِهَا شَعَفَ الْجِبَالِ وَمَوَاقِعَ الْقَطْرِ يَفِرُّ بِدِينِهِ مِنْ الْفِتَنِ

Rasulullah ﷺ bersabda, “Hampir saja terjadi (suatu zaman) harta seorang muslim yang paling baik adalah kambing yang digembalakannya di puncak gunung dan tempat-tempat terpencil, dia pergi menghindar dengan membawa agamanya disebabkan takut terkena fitnah”.(Bukhari no 18)

Seorang mukmin akan berusaha menghindari fitnah yang akan merusak agamanya, dengan cara mengasingkan diri ke tempat terpencil, karena menjaga agama tetap terjaga adalah suatu kewajiban bagi seorang Muslim.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَ نْـتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.”(QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 102)

Maka dari itu menjaga agama adalah kewajiban, walaupun kita harus tinggal terasing demi menjaga agama kita.

Wallahu A’lam (AN)