Ibadah, Puasa, FIQIH — May 13, 2020 at 17:03

Mempersiapkan Kemampuan untuk Berburu Lailatul Qadar

by
Mempersiapkan Kemampuan untuk Berburu Lailatul Qadar

 

Tak terasa kita sudah berada di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, yang mana pada 10 hari terakhir ini Allah berikan satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu Lailatul Qadar.

Tentu kita ingin mendapatkan pahala yang besar yang setara dengan seribu bulan, maka dari itu kita harus mempersiapkan diri untuk berburu malam yang penuh dengan pahala dan keberkahan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍ ۗ

“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”(QS. Al-Qadr [97] : 3)

Apa saja yang perlu kita persiapkan untuk mendapatkan Lailatul Qadar ini?.

Pertama adalah ilmu, kita harus tahu dulu ciri-ciri dari Lailatul Qadar agar kita tidak salah sasaran, salah satu ciri Lailatul Qadar adalah terdapat pada malam ganjil bulan Ramadhan kemudian suasananya sangat tenang pada saat malam hari. Nah ilmu pengetahuan tentang Lailatul Qadar inilah yang wajib kita ketahui, sehingga kita dengan mudah dapat mendapatkannya.

Yang kedua adalah hati yang bersih, maksudnya adalah hati kita menjadi lebih peka terhadap Lailatul Qadar, karena hanya dengan hati yang bersih kita dapat merasakan kedatangan Lailatul Qadar.

Dan yang terakhir adalah do’a, kita wajib berdoa kepada Allah agar diberikan kesempatan untuk mendapatkan pahala Lailatul Qadar, karena usaha tanpa do’a adalah Sombong, jadi berdoalah kepada Allah agar kita dipertemukan dengan Lailatul Qadar.

Mari kita sama-sama berlomba dalam kebaikan dan berdoa kepada Allah agar kita dapat dipertemukan dengan Lailatul Qadar tahun ini.