AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Akhlaq — February 18, 2020 at 16:06

Membantu Meringankan Pekerjaan Rumah Seorang Istri Merupakan Sunnah

by
Membantu Meringankan Pekerjaan Rumah Seorang Istri Merupakan Sunnah

Meringankan beban pekerjaan istri di rumah merupakan salah satu Sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam…

Islamkafah.com – Salah satu sunnah yang mungkin mulai ditinggalkan kaum muslimin adalah membantu istri dan pekerjaannya di rumah, padahal Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam selalu membantu pekerjaan istrinya saat berada di rumah.

‘Aisyah radhiallahu ‘anha berkata,

كَانَ فِي مِهْنَةِ أَهْلِهِ فَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kesibukan membantu istrinya, dan jika tiba waktu sholat maka beliaupun pergi shalat” (HR Bukhari).

Dalam hadits lainnya, ‘Aisyah radhiallahu ‘anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan hal-hal sederhana untuk membantu istri-istri beliau semisal mengangkat ember dan menjahit bajunya.

عن عروة قال قُلْتُ لِعَائِشَةَ يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِيْنَ أي شَيْءٌ كَانَ يَصْنَعُ رَسُوْلُ اللهِ  صلى الله عليه وسلم  إِذَا كَانَ عِنْدَكِ قَالَتْ مَا يَفْعَلُ أَحَدُكُمْ فِي مِهْنَةِ أَهْلِهِ يَخْصِفُ نَعْلَهُ وَيُخِيْطُ ثَوْبَهُ وَيَرْفَعُ دَلْوَهُ

Urwah berkata kepada Aisyah, “Wahai Ummul Mukminin, apakah yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika ia bersamamu (di rumahmu)?”, Aisyah berkata, “Ia melakukan (seperti) apa yang dilakukan oleh salah seorang dari kalian jika sedang membantu istrinya, ia memperbaiki sendalnya, menjahit bajunya, dan mengangkat air di ember” (HR Ibnu Hibban).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا

‘Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya (HR At-Tirmidzi As-Shahihah no 284).

Dari banyak hadits di atas dapat disimpulkan bahwa membantu pekerjaan istri di rumah merupakan salah satu Sunnah Rasulullah atau kebiasaan Rasulullah, oleh karena itu bagi para suami yang membantu pekerjaan istrinya di rumah akan mendapatkan pahala Sunnah. Dan hal in perlu kita syi’arkan karena sudah jarang sekali kita mendapati para suami muslim yang membantu pekerjaan istrinya di rumah.

Wallahu A’lam (Abd.N)