KAJIAN, Hikmah — April 3, 2017 at 10:45

Kisah Si Bakhil: “Tidak ada Bedanya antara Ada dan Tiada”

by
Kisah Si Bakhil: “Tidak ada Bedanya antara Ada dan Tiada”

Saat itu pun akhirnya terjadi, orang itu akhirnya berhasil mencuri harta milik si Bakhil. Selang sehari, tiba hari pengecekan harta yang dilakukan si Bakhil. Sontak dia terkejut, ketika menggali dan mendapati tempat itu kosong. Dia pun berteriak-teriak tidak karuan sambil menjambak-jambak rambutnya…..

 

 

Setiap pekan dia menyempatkan diri untuk sekedar mengecek hartanya itu, apakah masih ada atau tidak. Tiap kali mengecek, selalunya dia menggali tanah tempat harta tadi, kemudian ketika selesai dicek, ditutupnya lagi seperti semula. Hal ini terus menerus dilakukannya selama beberapa bulan.

Ternyata, tanpa disadari ada seseorang yang memperhatikan kebiasaannya tersebut. Orang itu mengetahui bahwa si Bakhil tadi menyimpan sesuatu barang berharga di sebuah tempat dan mengeceknya tiap pekan. Dalam hati, orang itu merencanakan misi untuk mengambil harta yang dipendam tadi. Mencari moment yang pas dan timing yang tepat agar aksinya berjalan lancar.

Saat itu pun akhirnya terjadi, orang itu akhirnya berhasil mencuri harta milik si Bakhil. Selang sehari, tiba hari pengecekan harta yang dilakukan si Bakhil. Sontak dia terkejut, ketika menggali dan mendapati tempat itu kosong. Dia pun berteriak-teriak tidak karuan sambil menjambak-jambak rambutnya.

Mendengar jeritan seseorang, para tetangga yang berada di sekitarnya langsung mendatangi si bakhil tadi. Langsung saja, dia bercerita tentang kejadian yang dialaminya. Hartanya lenyap, padahal tiap pekan tidak lupa untuk dicek.

Salah seorang tetangga yang datang ke sana bertanya,”Jangan-jangan kamu sudah mengambil harta itu?”

“Tidak,”si Bakhil menjawab.

“Sewaktu mengecek, aku hanya melihat hartaku kemudian aku kembalikan lagi ke tempatnya semula.”lanjutnya.

Tetangganya pun berkata,”Kalau begitu, ndak ada masalah dong….” “Kamu kan udah bilang tidak mengambilnya, dan tiap pekannya pasti kamu lihat harta itu. Waktu dicek di lubang tempat hartamu, masih ada juga kan. Dan kamu juga enggak menggunakan harta itu untuk apapun juga. Kalau begitu, tidak ada perbedaan kan antara ada dan tidaknya. Sama-sama kamu gak memanfaatkan harta yang kau punyai tadi.”


Sumber: https://www.kiblat.net/2014/03/11/kisah-si-bakhil-tidak-ada-bedanya-antara-ada-dan-tiada/