Khutbah Jum'at, KHUTBAH — May 29, 2020 at 11:00

KHUTBAH JUM’AT: KEUTAMAAN DAN KEAJAIBAN SHILATURRAHIM

by
KHUTBAH JUM’AT: KEUTAMAAN DAN KEAJAIBAN SHILATURRAHIM

Bulan Syawwal menjadi ajang silaturahmi bagi kaum muslimin yang ada di Indonesia, maka jalinlah silaturahmi agar terhubung ikatan ukhuwah yang kuat.

بِسْمِ اللهِ وَبـِحَمْدِهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَكَفٰى ، وَسَلاَمٌ عَلٰى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفٰى. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلا ّاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.

اَللهُمّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ, اُوْصِيْكُمْ وَاَيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَفَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَارْحَمْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَانْشُرْ وَاحْفَظْ نـَهْضَةَ الْوَطَنِ فِى الْعَالَمِيْنَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اَمَّا بَعْدُ.

Kaum muslimin sidang jumat yang berbahagia, rahimakullah.

Puji dan syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah Robbul’izzati, pada kesempatan Jumat ini kita dapat melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang muslim yaitu shalat Jumat secara berjamaah di masjid yang kita cintai ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada uswatun hasanah kita yaitu baginda nabi besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga dan sahabatnya, semoga kelak di hari kiyamat, kita semua yang hadir di masjid ini mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin yaa Robbal ‘aalimiin.

Mengawali khutbah singkat pada kesempatan ini, sebagaimana biasa khatib berwasiat kepada diri saya dan kepada seluruh jamaah, marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa yaitu melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, rahimakullah.

Semua ajaran Islam itu sebenarnya memiliki keutamaan sekaligus keajaiban yang luar biasa, baik dilihat dari sisi lahiriyah maupun bathiniyah. Salah satu ajaran Islam yang luar biasa adalah perintah untuk melakukan shilaturrahim.

Istilah shilaturrahim berasal dari Bahasa Arab dan sudah sangat familiyar ditengah-tengah masyarakat. Bila dilihat dari segi makna, shilah berarti “hubungan”, Ar Rahim berarti “kasih sayang”.

Berdasarkan makna ini, dapat ditarik sebuah pengertian bahwa shilaturrahim adalah mengadakan hubungan kasih sayang kepada sesama dengan datang berkunjung dikediamannya atau ditempat lain yang telah ditentukan.

Shilaturrahim juga bisa diadakan dalam satu perkumpulan besar dengan mengundang keluarga, kerabat, tetangga, sahabat, teman kerja dan lain-lain dalam satu kegiatan yang lazim disebut halal bihalal.

Perintah shilaturrahim ini ada dalam Al Quran dan hadits Nabi. Dalam Al Quran Surat An Nisa ayat 1 disebutkan:

واتقوا الله الذي تساءلون به والارحام

“Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan peliharalah hubungan kasih sayang”

Menurut ayat tersebut, bahwa dasar shilaturrahim adalah taqwa. Taqwa itu wataknya adalah taat dan patuh kepada Allah. Ketika shilaturrahim itu didasari dengan rasa taqwa, maka shilaturrahim itu menjadi sangat bermakna dan bermanfaat dalam kehidupan. Diantara manfaatnya yaitu rasa saling mencintai dan menyayangi kepada sesama akan terjaga dan terpelihara sepanjang masa. Sehingga akan terwujud persatuan, kekompakan dan kebersamaan dalam setiap individu di tengah-tengah masyarakat.

Kaum muslimin sidang jamaah jumat yang berbahagia, rahimakullah.

Dalam sebuah hadis juga disebutkan perintah shilaturrahim :

من احب ان يبسط له في رزقه وان ينسا له فى اثره فليصل رحمه

“Barang siapa yang senang dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali shilaturrahim”. (HR. Bukhari).

Menurut hadits tersebut dinyatakan dengan sangat jelas bahwa diantara keutamaan dan keajaiban shilaturrahim adalah Allah akan melapangkan rizki dan memanjangkan umur manusia.

Ini adalah fakta yang tak terbantahkan, siapapun dapat membuktikan bahwa dengan shilaturrahim berbagai rizki akan didapatkan. Tuan rumah secara reflek menyuguhkan apapun makanan/minuman yang ada. Bahkan banyak yang mendapatkan pekerjaan dari hasil shilaturrahim. Tamu biasanya berdiskusi dan minta tolong apakah ada lowongan pekerjaan. Atau bisa jadi bisnis makin lancar dan usaha makin maju dari sebab shilaturrahim.

Ternyata dari kegiatan shilaturrahim tersebut banyak sekali manfaat yang kita dapatkan. Yang tak kalah hebatnya, Allah akan memperpanjang usia kita dan memberkahinya, mengapa? Karena dalam shilaturrahim ada suasana penuh keakraban, keramahan, kesantunan dan keterbukaan. Dan juga ada harapan sekaligus doa, “semoga kita selalu sehat, rizki lancar, hidup penuh berkah dan dipanjangkan umurnya oleh Allah”. Demikian harapan dan doa yang umumnya disampaikan mengakhiri kegiatan shilaturrahim.

Itulah keutamaan dan keajaiban dari shilaturrahim yang Allah dan Rasul perintahkan kepada kita umat Islam. Oleh karena itu mari kita mengagendakan diri untuk selalu bershilaturrahim di sela-sela kesibukan kita. Apalagi dibulan Syawwal ini masih dalam suasana idul fithri, kita manfaatkan betul untuk banyak bersilaturrahim kepada orang yang kita kenal maupun orang yang tidak kita kenal.

Walaupun suasana saat ini masih mewabahnya pandemi covid 19, tentu shilaturrahim tidak bisa dilakukan secara terbuka dan bertemu berhadap-hadapan sebagaimana biasanya, tapi bisa dilakukan melalui media yang ada seperti telepon, WA, zoom dan lain sebagainya.

Karena terbatasnya waktu, inilah khutbah singkat yang dapat khatib sampaikan, semoga besar arti dan manfaatnya untuk kita semua. Aamiin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ ِللهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا اَمَرَ. اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ اِرْغَامًا لِمَنْ جَحَدَ وَ كَفَرَ. وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ وَ حَبِيْبُهُ وَ خَلِيْلُهُ سَيِّدُ الْإِنْسِ وَ الْبَشَرِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَ اَصْحَابِهِ وَ سَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

اَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ الله اِتَّقُوْا الله وَ اعْلَمُوْا اَنَّ الله يُحِبُّ مَكَارِمَ الْأُمُوْرِ وَ يَكْرَهُ سَفَاسِفَهَا يُحِبُّ مِنْ عِبَادِهِ اَنْ يَّكُوْنُوْا فِى تَكْمِيْلِ اِسْلَامِهِ وَ اِيْمَانِهِ وَ اِنَّهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفَاسِقِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ وَ سَلَّمْتَ وَ بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى اَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ وَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَ الْأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ وَ قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَ هَبْلَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ. رَبَّنَا لَا تَجْعَلْ فِى قُلُوْبَنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ اَمَنُوْا رَبَّنَا اِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَّحِيْمٌ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَ ذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَ اجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا. رَبَّنَا اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ اللهِ, اِنَّ الله يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَ الْإِحْسَانِ وَ اِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَ يَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَ الْمُنْكَرِ وَ الْبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَّكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوْا الله الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَ اشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَ لَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ وَ اللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ .

Penulis : Marolah Abu Akrom


Sumber: https://sinar5news.com/khutbah-jumat-edisi-29-mei-2020-keutamaan-dan-keajaiban-shilaturrahim/