KAJIAN, Hikmah — March 27, 2018 at 18:53

Ketahuilah Bahwa Sifat Ihsan itu Adalah Sifat Penghuni Surga

by
Ketahuilah Bahwa Sifat Ihsan itu Adalah Sifat Penghuni Surga

Dalam tulisan sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa berbuat baik (ihsan) adalah perintah Allah dan merupakan sifat para nabi. Pada kali ini kita akan membahasnya kembali dari sisi bahwa ihsan adalah sifat-sifat penghuni surga…

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي ظِلَالٍ وَعُيُونٍ. وَفَوَاكِهَ مِمَّا يَشْتَهُونَ . كُلُوا وَاشْرَبُوا هَنِيئًا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ. إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِيْنَ

“Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada dalam naungan (pepohonan surga yang teduh) dan (di sekitar) mata air. Dan buah-buahan yang mereka sukai. (Katakan kepada mereka), “Makan dan minumlah dengan rasa nikmat sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan.” Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Mursalat: 41-44).

Dalam ayat lain, Allah Ta’ala juga menyebutkan,

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ. آخِذِيْنَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِيْنَ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air. Mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Adz-Dzariyat: 15-16).

Ihsan merupakan akhlak mulia yang harus selalu diamalkan oleh setiap muslim dalam setiap waktu, dan dalam segala urusannya.

Syaikh Al-Jazairi mengingatkan pentingnya berbuat baik dalam segala aspek kehidupan dan dalam urusan agama. Sangat tepat dan cukuplah kami nukilkan di sini untuk menerangkan pentingnya Ihsan.

Syaikh berkata, “Pengertian ihsan dalam hal ibadah adalah melaksanakan ibadah baik berupa shalat, puasa, haji atau lainnya dengan benar, memenuhi syarat dan rukunnya, memenuhi sunnah dan adabnya. Hal ini tidak bisa dilakukan dengan sempurna kecuali apabila seseorang merasa bahwa ia melihat Allah Ta’ala atau pun jika tidak maka Allah pasti melihat dan mengawasi dirinya. Bila perasaan ini sudah terpatri dalam dirinya, maka sangat mudah baginya untuk melaksanakan ibadah dengan baik dan benar, sesuai dengan yang diperintahkan.”

Inilah yang disampaikan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam dalam sabdanya,

الْإِحْسَانُ أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

“Ihsan adalah engkau menyembah Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika engkau tidak bisa melihat-Nya, sesungguhnya Allah pasti melihatmu.”

Tulisan ini disarikan dari kitab Haditsul Ihsan karya Prof. Dr. Falih Ash-Shughayyir.

Sumber : http://bersamadakwah.net/ihsan-itu-sifat-penghuni-surga/