Muamalah, FIQIH — February 12, 2018 at 23:41

Ketahuilah Bahwa Hukuman Islam Tidaklah Boleh Dipraktikan Didalam Masjid

by
Ketahuilah Bahwa Hukuman Islam Tidaklah Boleh Dipraktikan Didalam Masjid

Ketetapan dari Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wassalam dalam penerapan hukuman Islam, maka tidak boleh dilaksanakan didalam masjid…

 

Islamkafah.com – Masjid adalah tempat yang sangat mulia, karena didalamnya penuh dengan barokah dari Allah azza wa jalla dan barang siapa dekat dengan masjid, maka insyaaAllah dia adalah seorang yang dicintai oleh Allah azza wa jalla.

Sehubungan dengan hal itu, telah sampai kepada kita sebuah hukum yang menerangkan bahwa didalam masjid tidak boleh ada satupun hukuman syar’iyyah yang ditegakkan di masjid. Akan tetapi, hukuman Islam tetap wajib dijalankan diluar masjid misalnya ditengah lapangan dan yang semisal dengan hal itu.

   َوَعَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم (  لَا تُقَامُ اَلْحُدُودُ فِي اَلْمَسَاجِدِ )  رَوَاهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَالْحَاكِم

Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Tidak diperbolehkan melaksanakan hukuman di dalam Masjid.” Riwayat Tirmidzi dan Hakim.

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (raf) []

%d bloggers like this: