Ibadah, FIQIH — March 22, 2018 at 13:44

Kesucian Air yang Sudah Mencapai Dua Kullah Maka Tetap Dikatakan Suci

by
Kesucian Air yang Sudah Mencapai Dua Kullah Maka Tetap Dikatakan Suci

Dalam bab ini sedikit yang mungkin mencari mana dalil dari permasalahan ini?Islamkafah.com – Air adalah salah satu kebutuhan kaum muslimin yang digunakan sebagai media bersuci. Umumnya wudhu digunakan segelum beribadah, seperti sebelum mengerjakan shalat atau membaca Qur’anul karim.

Dan, air yang digunakan tidak boleh semabrangan air. Yakni harus air yang masuk kategori suci dan juga mensucikan. Dan, diantara air tersebut mempunyai ciri sebagaikmana dalil berikut dibawah ini:

   وَعَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلْ الْخَبَثَ وَفِي لَفْظٍ لَمْ يَنْجُسْ  أَخْرَجَهُ الْأَرْبَعَةُ  وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ وَالْحَاكِمُ وَابْنُ حِبَّانَ

Dari Abdullah Ibnu Umar Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Jika banyaknya air telah mencapai dua kullah maka ia tidak mengandung kotoran.” Dalam suatu lafadz hadits: “Tidak najis”. Dikeluarkan oleh Imam Empat dan dinilai shahih oleh Ibnu Khuzaimah, Hakim, dan Ibnu Hibban.

Semoga sedikit dari tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (Adsn) []

Tags